Jum'at, 14 08 2020  
LifeStyle / Siap-siap Jadi Lebih Pintar Atur Keuangan Hadapi Pergantian Tahun
Siap-siap Jadi Lebih Pintar Atur Keuangan Hadapi Pergantian Tahun

LifeStyle - - Senin, 18/11/2019 - 11:48:51 WIB

Situsriau.com - Jelang pergantian tahun ini, ada baiknya mengubah tata keungan pribadi anda agar lebih baik menjalani hari-hari ke depannya.

Survei di Amerika mengatakan alasan utama seseorang menghamburkan uang adalah ketika keinginan memiliki sesuatu sangat besar. Bahkan diskonan menjadi hasil survei terendah.

Untuk Anda yang memiliki kesulitan dalam memanajemen keuangan serta mudah tergoda membeli sesuatu maka simaklah artikel ini sampai selesai, karena akan dijelaskan cara untuk mengendalikan keuangan yang sering disepelekan. 

Berikut ini 5 tips atur keuangan jelang pergantian tahun seperti dikutip dari merdekacom:

Stop Membuang Makanan

Upaya untuk berhenti membuang makanan sering disepelekan karena dampaknya yang tidak dirasakan secara langsung. Namun di Amerika 30 persen sampai 40 persen makanan terbuang percuma. Dengan membuang makanan sama saja dengan pemborosan sumber gizi, mencemari lingkungan dan yang utama adalah menguras dompet.

Uang yang ikut terbuang percuma karena pembuangan makanan diperkirakan mencapai 5,25 juta rupiah per orang. Penyimpanan makanan secara tepat dapat membantu makanan bertahan lebih lama. Lemari pendingin dapat dimanfaatkan untuk menyimpan makanan seperti, roti, keju, buah, sayuran, dan susu.

Selain itu, manfaatkanlah makanan sisa yang masih bisa dibuat untuk makanan baru. 

Kurangi Penggunaan Transportasi Online

Saat ini Anda sudah dimanjakan dengan kemudahan dalam berpergian dengan adanya transportasi online. Namun, dibalik kemudahan itu argo yang dikenakan cukup tinggi dan jika Anda setiap hari bergantung pada transportasi online maka dapat menganggu keuangan.

Jika Anda terpaksa menggunakan transportasi online maka manfaatkan promo diskon yang dapat membantu Anda.

Putuskan Langganan yang Tidak Diperlukan

Saat ini banyak sekali layanan keanggotaan yang diharuskan membayar bulanan, seperti gym, TV kabel, dan streaming online. Jika anda tidak membutuhkan layanan tersebut Anda dapat memutuskannya guna menyimpan keuangan yang lebih penting. 

Pikirkan Sesuatu dengan Matang

Sebelum melakukan pembelian apa pun yang tidak mendesak, ambil langkah mundur dan jeda. Tiga hari, atau 72 jam, ini merupakan jumlah waktu yang baik untuk memikirkan apakah barang yang akan dibeli penting atau tidak.

Aturan 72 jam datang dari Viktor Frankl, seorang ahli saraf dan psikiater Austria, yang mengatakan bahwa masa tunggu tiga hari menciptakan ruang antara stimulus (barang yang ingin Anda beli) dan respons (melakukan pembelian). Jika Anda tidak berubah pikiran setelah 72 jam, dan merasa lebih yakin maka Anda tidak melakukan pembelian impulsif.

Selalu Bayar Tagihan Tepat Waktu

Jika Anda terlambat membayar tagihan listrik, air, asuransi atau kartu kredit maka Anda akan dikenakan biaya terlambat pembayaran. Jika terlambat sebulan mungkin tidak terasa, namun jika Anda terus menunda pembayaran maka akhirnya akan memberatkan keuangan Anda.(sr5, in )



Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved