Selasa, 12/11/2019  
LifeStyle / Buat yang Sering Lupa, Coba Trik Singkat Ini untuk Menyegarkan Otak
Buat yang Sering Lupa, Coba Trik Singkat Ini untuk Menyegarkan Otak

LifeStyle - - Rabu, 08/01/2020 - 11:12:50 WIB

Situsriau.com - Otak kita memang menua seiring waktu. Kehilangan memori terkait dengan usia memang tidak bisa dihindari, namun bukan berarti kita tak bisa melakukan apapun tentangnya.

Jika kamu belakangan sering merasa lupa, cobalah satu trik singkat ini. Trik ini dihasilkan melalui riset yang dilakukan oleh para peneliti di Inggris.

Dikutip dari Times of India, para peneliti ini meminta sejumlah peserta studi untuk menonton film pendek dan kemudian mengingat kembali detailnya dengan menjawab serangkaian pertanyaan. Separuh peserta diminta untuk menutup mata saat menjawab pertanyaan.

Hasilnya? Mereka yang menutup mata menjawab 23 persen lebih benar ketimbang mereka yang masih membuka mata. Temuan studi ini dipublikasikan di jurnal Legal and Criminology Psychology.

"Studi ini mengungkapkan bahwa memotong gangguan sekitar bisa membuat kita lebih fokus secara intens dalam mengingat suatu hal," demikian dilaporkan situs tersebut.

Dengan menutup mata, beban kognitif otak menurun, distraksi tertutup, yang kemudian membantumu lebih fokus. Menutup mata juga membantumu membentuk gambaran mental dari hal yang kamu coba untuk ingat.

Menutup mata membantumu mengingat gambaran di mana kamu meninggalkan ponselmu tadi pagi, misalnya, karena hal-hal di depan matamu tidak mengganggumu. Karena saat kamu stres dan sedang sibuk, kamu tidak akan bisa mengingat apapun. Merasa cemas dan stres dapat mengganggu konsentrasimu dan membuatnya sulit mengingat, bahkan jika kamu menutup mata sekalipun. (sr5, in)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved