Selasa, 14 Juli 2020  
LifeStyle / Ingat! Pakai Masker, 70% Bisa Cegah Tertular Covid-19
Ingat! Pakai Masker, 70% Bisa Cegah Tertular Covid-19

LifeStyle - - Sabtu, 13/06/2020 - 11:17:09 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Angka pasien positif corona (Covid-19) di Riau terus menurun. Meski begitu masyarakat tetap diimbau mematuhi protokol kesehatan agar aman dari Covid-19. Salah satunya dengan menggunakan masker. 

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi menyebut, pakai masker diklaim bisa hingga 70 persen mencegah orang tertular Covid-19.

"Mari jadikan menggunakan masker sebagai kebiasaan. Karena dengan menggunakan masker kita bisa lebih aman dari Covid-19. Bisa hingga 70 persen," kata Indra Yovi.

Lebih lanjut dikatakannya, masker yang dapat dipakai masyarakat untuk melindungi diri dari Covid-19 tidak selalu harus masker medis. Masyarakat juga bisa menggunakan masker kain, sehingga saat ini tidak ada alasan lagi sulit mendapatkan masker.

"Bahkan kalau tidak ada masker kain, baju yang diikatkan menutupi mulut dan hidung juga bisa," sebutnya.

Kebiasaan penggunaan masker tersebut, ujar Indra Yovi, karena saat ini Riau belum benar-benar aman dari Covid-19. Jika masyarakat tidak mengindahkan protokol kesehatan, dikhawatirkan akan terjadi gelombang kedua penularan Covid-19.

"Karena dari sejarah yang ada, tidak ada pandemi yang terjadi hanya satu gelombang. Seperti SARS dan MERS, itu dua gelombang semua. Nah untuk kapan terjadinya gelombang kedua itu, kita tidak tahu, tapi itu semua tergantung kita. Kalau kita tidak mau terjadi gelombang kedua yang jumlah pasiennya lebih besar, maka mari gunakan masker dan patuhi protokol kesehatan lainnya," ajaknya.

Dalam kesempatan itu Indra Yovi juga menyampaikan update Covid-19 di Riau. Hingga Kamis (11/6) total pasien positif Covid-19 di Riau masih 120 orang atau tidak ada bertambah dari hari sebelumnya. Dari jumlah tersebut, tujuh pasien masih dirawat, 107 dinyatakan sehat dan enam orang meninggal.

"Untuk jumlah PDP (pasien dalam pengawasan, red) yang masih dirawat sebanyak 58 orang. 1.344 sudah dinyatakan sehat dan 166 meninggal dunia. Untuk ODP (orang dalam pemantauan, red) yang masih menjalani pemantauan sebanyak 3.694 orang," jelasnya.(sr5, rp)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved