Jum'at, 14 08 2020  
LifeStyle / Kesalahan saat Tidur yang Sering Dilakukan, Nomor Tiga Timbulkan Masalah Kesehatan
Kesalahan saat Tidur yang Sering Dilakukan, Nomor Tiga Timbulkan Masalah Kesehatan

LifeStyle - - Senin, 27/07/2020 - 09:56:52 WIB

 JAKARTA, situsriau.com – Tidur berkualitas dengan durasi yang cukup atau setara 7 jam setiap malam, dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Dengan tidur cukup, keesokan harinya kita akan kembali berenergi, meningkatkan daya ingat, hingga memperbaiki suasana hati. 

Tapi ingat, semua manfaat tidur bisa kamu dapatkan jika tidur kamu berkualitas, termasuk dengan posisi yang baik. Karena posisi tidur yang salah, bukannya memberi manfaat, sebaliknya malah akan berbahaya bagi tubuh. 

Dalam tayangan Hidup Sehat Plus di tvOne. Spesialis Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi, dr Ibrahim Agung, Sp.KFR, menjelaskan ada tiga kesalahan terbesar yang kerap dilakukan orang saat tidur. Apa saja? 

"Pertama, melipat bantal terlalu tinggi. Namun hal ini wajar dilakukan. Karena banyak orang di saat sekarang ini sebelum tidur pasti memegang telepon genggam. Sehingga berusaha untuk melihat ke atas dengan lebih jelas," ujarnya di program Hidup Sehat.

Namun, menurut dokter Ibrahim, tidur dengan bantal terlalu tinggi sangat berbahaya untuk otot, tulang dan sendi. Tidur dengan posisi tersebut, akan membuat tubuh terasa pegal, sakit sekali, dari bagian di belakang kepala, leher, sampai ke pundak, yang akan lama hilang dan sembuhnya. 

"Kesalahan kedua adalah posisi tidur tengkurap dengan kepala bertumpu pada tangan yang terlipat. Hal ini dapat menyebabkan permasalahan. Selain pada tulang leher juga pada sendi bahu dan juga saraf yang ada di tangan, serta pergelangan tangan," lanjut dia, dinukil viva.

Kesalahan terakhir yang berkenaan dengan posisi tidur adalah, tidur dengan posisi menyamping, namun dengan kepala bertumpu pada sendi bahu. Apa konsekuensinya jika kita tidur dengan posisi seperti itu? 

"Posisi seperti ini jika dilakukan berulang-ulang, akan menyebabkan masalah nyeri pada sendi bahu, ketika kita bangun tidur nantinya," tutur dokter Ibrahim.(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved