Rabu, 26 Januari 2022  
Otonomi / Riau Terus Berupaya Kembangkan UMKM di Daerah
Riau Terus Berupaya Kembangkan UMKM di Daerah

Otonomi - - Sabtu, 08/01/2022 - 23:41:29 WIB

PEKANBARU,situsriau.com - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyebutkan bahwa pihaknya terus berupaya mengembangkan sektor UMKM dan mengajak kaum perempuan untuk perkuat UMKM daerah dengan mengangkat kearifan lokal Riau.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Riau, ketika hadir pada acara acara rapat kerja nasional (Rakernas) Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) Tahun 2022 secara virtual, pada Sabtu (8/1/2022).

"Kami di Provinsi Riau terus berupaya dan mengajak kaum perempuan untuk memperkuat UMKM dan mengangkat derajat Organisasi Masyarakat Riau," sebut Gubri. 

Syamsuar menambahkan, banyaknya kearifan lokal dari Bumi Melayu, seperti, tenun dan songket melayu, Batik Riau, kuliner dan lainnya ini menjadi kearifan lokal yang berpotensi besar untuk terus dikembangkan.

"Kearifan lokal dari Bumi Melayu ini dapat menjadi kearifan lokal yang memiliki potensi besar untuk terus kita kembangkan dalam upaya mendukung pembangunan disektor UMKM," katanya.

Lebih lanjut Syamsuar menyatakan, atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pihaknya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas diselenggarakannya Rakernas PPUMI ini. 

Syamsuar menuturkan, sejalan dengan Rakernas ini, ia berharap Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) dapat terus membina dan membimbing pelaku UMKM didaerah. 

"Buatlah program yang terbaik untuk kemajuan pelaku UMKM yang cukup banyak dimana mereka membutuhkan perhatian kita semua," harap Syamsuar. 

Syamsuar yakin bahwa ke depannya Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) menjadi pilar yang besar dalam menyangga ekonomi negara.

Sementara itu, Ketua Umum PPUMI Munifah Syanwani mengungkapkan setelah rakernas ini juga ada talkshow dimana pihaknya berharap dengan adanya talkshow ini dapat membantu ekonomi Indonesia. 

"Untuk membantu ekonomi Indonesia ini, harus ada kepanjangan tangan mulai dari berbagai macam manajemennya baik mulai produksi pemasaran khusus permodalan," ungkap Munifah Syanwani. 

Pihaknya juga menyampaikan PPUMI Finance ke depannya merupakan program utama dari PPUMI dalam permodalan yang bekerjasama dengan perusahaan - perusahaan yang ada di Indonesia.

"PPUMI Finance merupakan rahmatan lil alamin, tetapi polanya tetap dengan pola sistem Syariah," ujarnya. 

Munifah Syanwani berharap dengan adanya Rakernas ini dapat membimbing kaum perempuan ini sedemikian rupa agar dapat membantu dan mampu meningkatkan ekonomi nasional (mcr/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved