Kamis, 26 Mei 2022  
Otonomi / Ini 4 Kiat Karir Kapolda M Iqbal Melejit
Ini 4 Kiat Karir Kapolda M Iqbal Melejit

Otonomi - - Rabu, 26/01/2022 - 16:16:33 WIB

PEKANBARU,situsriau.com- Perjalanan karir Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.IK, MH, termasuk melejit. Sebelum diangkat jadi Kapolda Riau, 17 Desember 2021, Iqbal sekitar setahun menjabat Kapolda NTB. 

Sebelumnya, Iqbal menjabat Kepala Divisi Humas Polri selama dua tahun, 2018-2020. Jabatan ini yang membuat nama Iqbal lebih populer karena sering tampil di televisi dan media massa. 

Irjen Iqbal sempat sebentar menjabat Wakapolda Jawa Timur, setelah dia menjabat Karopenmas Divisi Humas Polri. 

Lalu apa kiat sukses lulusan Akpol angkatan 1991 itu? Kenapa ketika Irjen Iqbal dipromosikan menjadi Kapolda Riau, sambutan masyarakat  Riau, begitu antusias?  

Pertanyaan itu disampaikan salah seorang pengurus PWI Riau ketika beraudiensi dengan Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal di Markas Polda Riau, Jalan Pattimura, Pekanbaru, Rabu (26/1/2022). 

Menurut Iqbal, tak ada kiat khusus. Yang pasti, semua karena yang di langit, Allah SWT. Allah-lah yang menentukan segalanya. Kita hanya bekerja secara baik dan ikhlas. ''Saya juga tak tahu, saya akan jadi apa? Yang penting bekerja secara baik dan ikhlas,'' ujarnya. 

Kedua, penempatan dia sebagai Kepala Divisi Humas Polri juga menentukan. Iqbal menjadi dikenal masyarakat karena sering tampil dan muncul di televisi dan media massa. ''Bahkan saya dijadikan News Maker. Kalau media darling sudah lama,'' katanya. 

Lalu yang ketiga, pemilihan diksi kata yang akan disampaikan kepada masyarakat. Pemilihan diksi ini menentukan viralnya suatu pemberitaan. Dan itu banyak dipelajarinya ketika menjadi Humas Polri.

''Ketika saya diangkat jadi Kapolda Riau, saya gunakan diksi  'pulang kampung'. Ternyata diksi ini menarik bagi wartawan dan viral, '' ujarnya. 

Iqbal tepat membuat diksi itu karena dia cukup lama bertugas di Riau. Paling lama menjadi Kasatlantas Polresta Pekanbaru. Ketika itu Iqbal yang dikenal baik dan ramah, sangat dekat dengan masyarakat. Setelah itu, dia menjadi Wakapolres Dumai dan Koorspri Kapolda Riau. 

Terakhir, lanjut Iqbal adalah do'a. Selain do'a kita kepada Allah, juga ada do'a-do'a lain yang dikabulkan Allah SWT. Diantaranya, do'a ibunda atau orangtua, termasuk do'a istri, do'a anak sholeh, do'a anak yatim, dan do'a-do'a orang yang dizalimi. ''Mungkin orang Riau banyak yang terzalimi, sehingga doanya dikabulkan,'' selorohnya. (rls)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved