Senin, 23/05/2022  
Otonomi / Pemprov Riau Pastikan Soal Kendala Transportasi Darat untuk JCH Sudah Selesai
Pemprov Riau Pastikan Soal Kendala Transportasi Darat untuk JCH Sudah Selesai

Otonomi - - Jumat, 17/06/2022 - 19:31:12 WIB
Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU,situsriau.com - Pemerintah Provinsi Riau menyatakan kendala soal transportasi darat untuk keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH), sudah selesai. Meski sebelumnya sempat 2 kali gagal lelang. Untuk itu, Pemprov Riau pun mengambil langkah penunjukkan langsung untuk jasa transportasi darat, yang mana kendaraan bus akan mengangkut JCH dari lokasi embarkasi haji antara ke pintu pesawat terbang. 

Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy menuturkan, dengan demikian kendala tersebut sudah teratasi setelah telah dilakukan penunjukkan langsung kepada penyedia transportasi darat.

“Mereka sudah menyatakan siap untuk memberikan pelayanan kepada jemaah calon haji kita,” katanya Jumat, 17 Juni 2022.

Masrul menjelaskan, pada tahun 2019 lalu, untuk jasa angkutan darat dan penerbangan JCH include, dengan kata lain, pihak penyedia penerbangan dan angkutan darat dilakukan oleh perusahaan.

“Hal ini supaya jangan ada yang komplen. Namun untuk tahun 2022 ini, memang dipisah. Artinya untuk pesawat ada perusahaan sendiri dan untuk angkutan darat ada perusahaan sendiri,” terangnya.

“Nah, ternyata untuk penyedia jasa angkutan darat untuk JCH kita, setelah 2 kali kami lakukan lelang tak ada yang minat, gagal. Makanya kemarin, sesuai arahan Pak Gubernur, dilakukanlah penunjukan langsung,” terangnya.

Masrul menambahkan, secara mekanisme dan ketentuan aturan, juga membolehkan kepada pemerintah daerah untuk melakukan pola tersebut. “Untuk persoalan transportasi darat sudah beres,” jelasnya.

Pihak penyedia layanan transportasi darat akan memberikan pelayanan angkutan kepada Jemaah Calon Haji Riau, dari embarkasi haji antara sampai ke depan pintu pesawat terbang.

“Jadi nanti, mulai dari proses imigrasi, setelah itu berangkat dari embarkasi haji antara sampai nanti ke pintu pesawat. Mungkin nanti akan dimulai pukul 03.00 dini hari, karena diperkirakan proses itu akan memakan waktu sekitar 3 jam,” jelasnya.

“Jemaah mungkin ada yang salat subuh di bus, dalam pesawat, atau ada yang di bandara,” sebutnya.

Sebagaimana diketahui, hari ini Jumat, 17 Juni 2022 Jemaah Calon Haji Riau untuk kloter pertama sudah akan masuk ke embarkasi haji antara di Jalan Mekar Sari, Pekanbaru. Selama di sini, mereka akan mengikuti seluruh rangkaian proses, termasuk keimigrasa. Lalu pada Sabtu, 18 Juni 2022, keberangkatan pertama untuk JCH Riau ke Tanah Suci Mekkah sudah dilakukan.

Keberangkatan JCH Riau dijadwalkan sekitar pukul 05.00 WIB untuk tujuan Kota Batam sebagai embarkasi penuh untuk keberangkatan jemaah haji. Dari Batam, sekitar pukul 09.00 WIB, seluruh JCH Riau untuk kloter pertama akan diterbangkan ke Mekah untuk menjalankan ibadah haji tahun ini. (mcr/mlb/nb).

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved