Senin, 23/05/2022  
Otonomi / Musdalub MUI Bakal Digelar Minggu Depan, Empat Nama Dinilai Pantas Gantikan Ilyas Husti
Ini Daftar 19 Ormas Islam Pendukung
Musdalub MUI Bakal Digelar Minggu Depan, Empat Nama Dinilai Pantas Gantikan Ilyas Husti

Otonomi - MARDISNA HUSIN - Jumat, 22/07/2022 - 07:57:36 WIB

PEKANBARU, situsriau.com- Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau akan digelar akhir bulan Juli 2022 ini.  Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Musdalub Ustadz Abdurrahman Q , Kamis malam (21/7/2022).

"Pelaksanaan Musdalub dalam bulan Juli ini, seminggu ke depan akan kita gelar, kita hanya menunggu kepastian jadwal pengurus pusat," kata Abdulrahman yang juga merupakan Ketua Badan Kerjasama Pondok Pesantren Riau,

Dikatakannya, panitia Musdalub sudah menemui Pengurus MUI Pusat untuk menyampaikan kesiapan pelaksanaan Musdalub tersebut, "Kita sudah datangi MUI Pusat dan semua  syarat untuk pelaksanaan Musdalub sudah terpenuhi, lebih dua pertiga ormas Islam yang tergabung sudah menandatangani persetujuan Musdalub ini," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Abdurrahman juga menyampaikan dari 12 kabupaten/kota di Riau, sebanyak 8 MUI daerah  juga menyatakan dukungan  mereka. "Tidak hanya ormas Islam, dukungan juga disampaikan 8 MUI Kabupaten/Kota yang ada," terangnya seraya mengatakan kekisruhan dalam tubuh MUI Riau sebenarnya sudah muncul sejak awal terpilihnya Prof. Ilyas Husti dalam Musda yang digelar akhir tahun 2020 lalu.

Kenyataan tersebut juga disampaikan salah seorang tokoh Riau Asyari Nur yang juga tercatat sebagai Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Riau. Menurutnya, pelaksanaan Musda satu setengah tahun lalu menjadi benih munculnya kekisruhan di kepengurusan MUI periode 2020-2025.

"Apa yang terjadi bukan muncul tiba-tiba, namun berawal sejak pelaksanaan Musda yang sarat akan kepentingan dan penuh tekanan," kata mantan Kepala Kemenag Riau ini,

Disampaikan Asyari Nur, sebagai organisasi besar tempat berhimpunnya tokoh agama dan para ulama, tidak lazim pelaksanaan Musda penuh tekanan dan dikawal banyak aparat Kepolisian sehingga banyak diantara peserta yang memilih mengundurkan diri dalam pemilihan Ketua MUI Riau saat itu.

"Banyak ormas yang mengundurkan diri dan tak mau bergabung, yang terjadi malahan ormas ini dikatakan radikal. Itukan tak lazim dalam pelaksanan Musda yang didalamnya banyak ulama dan tokoh agama," tuturnya.

Lebih jauh disampaikan tokoh Riau asal Rokanhulu ini, kepemimpinan Ilyas Husti dinilainya belum mengakomodir perwakilan wilayah dan suku yang ada di Riau. Menurutnya, pengurus yang dilibatkan Ilyas Husti masih dari satu dua wilayah saja. "Harusnya pandailah berbaur dengan segala suku yang ada di Riau, libatkanlah semua, jangan hanya dari  Rantau Beragin hingga Rimbo Panjang saja yang diikutsertakan," sindirnya.

Ketika ditanya kedepannya siapa calon pemimpin MUI Riau yang dinilai lebih pantas untuk diusung, secara gamblang Asyari mengakui ada beberapa nama yang dinilainya lebih pantas untuk dipilih diantaranya mantan Sekretaris MUI Abdurrahman Q, mantan Sekretaris Umum Zuhusni Domo, Mantan Sekum dua periode Pajriansyah dan DR Mawardi yang saat ini Wakil Ketua MUI Riau. "Banyak kader-kader MUI Riau yang kita nilai lebih tepat dan mampu merangkul semua pihak, diantaranya 4 nama itu," ucapnya.

Untuk diketahui, dari data yang diperoleh situsriau.com, sebanyak 19 ormas Islam dari 25 ormas yang tergabung dalam MUI Riau sudah membuat pernyataan dukungan. 

Adapun ormas yang mendukung yakni : 

1. Syarikat Islam (SI) Riau
2. Mathla'ul Anwar Riau
3. PERSIS Riau
4. IKMI Riau
5. MDI Riau
6. Ittihadul Muballighin Riau
7. Badan Korordinasi Mubaigh Indonesia (BAKOMUBIN) Riau
8. Ikatan Da'i Indonesia (IKADI) Riau
9. Persatuan Muballigh- Mubalighoh Indonesia (PMMI) Riau
10. Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Riau
11. Dewan Masjid Indonesia (DMI) Riau
12. Forum.Umnat Islam (FUI) Riau
13. Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Riau
14. Forum Silaturrahmi Takmir Masjid Indonesia (FAHMI TAMAMI) Riau
15. GPMI Riau
16. Forum.Islamic Center Riau
17. Badan Kerjasama Pondok Pesantren Riau
18. Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI) Riau
19. Ikhwanul Muballighin (IM) Riau

Sedangkan Ormas Islam yang belum menandatangi dukungan yakni:
1. Muhammadiyah Riau
2. NU Riau
3. Perti/ Tarbiyah Riau 
4. LDII Riau
5. Alwashliyah Riau
6. ICMI Riau

(dis)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved