Senin, 23/05/2022  
Otonomi / Asisten I Setdaprov Riau Resmi Buka Diklat Paskibraka Riau Tahun 2022
Asisten I Setdaprov Riau Resmi Buka Diklat Paskibraka Riau Tahun 2022

Otonomi - - Selasa, 02/08/2022 - 17:10:41 WIB
Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy dan para peserta Diklat Paskibraka foto bersama.

TERKAIT:

PEKANBARU,situsriau.com - Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy resmi membuka pendidikan dan pelatihan (Diklat) pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Provinsi Riau Tahun 2022 di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Selasa (02/08/2022).

"“Bismillahirrahmanirrahiim, Diklat Paskibra Provinsi Riau Tahun 2022, secara resmi saya nyatakan dibuka," bukanya.

Sebagai informasi, jumlah peserta Diklat Paskibraka Provinsi Riau Tahun 2022 ini sebanyak 36 orang putra putri terbaik kabupaten/kota di Provinsi Riau yang terdiri dari putra sebanyak 18 orang dan putri sebanyak 17 orang. 

Dalam sambutannya, Masrul menjelaskan Diklat Paskibra Tahun 2022 ini menjadi tugas terakhir Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau sebagai penyelenggara, karena sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2022 tentang program pasukan pengibar bendera pusaka pada pasal 3 ayat 2 disebutkan bahwa pelaksanaan program paskibraka di Tingkat Pusat dibawah koordinasi badan, yang dikelola oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ayat 3.

"Dalam program tersebut disebutkan pelaksanaan program paskibraka di tingkaprovinsi dan Tingkat kabupaten/kota berada di bawah koordinasi kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam negeri dalam hal ini untuk Riau akan dikelola oleh Badan Kesbangpol Provinsi Riau," jelas Masrul.

Pihaknya mengungkapkan bahwa kegiatan Diklat Paskibra tingkat provinsi Tahun 2022 ini sangat penting diselenggarakan karena mengingat eksistensi daripada Paskibra tidak sekedar mempersiapkan pasukan penggerek bendera saja. Namun yang lebih penting dari semua itu, terdapat makna yang terkandung dari keberadaan Paskibra.

"Sebagai ajang pembinaan generasi muda untuk mempertebal semangat cinta tanah air dan nilai-nilai kebangsaan, dimana hal itu sangat penting kita lakukan, demi kokohnya NKRI," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau Bobby Rachmat mengatakan tujuan pelaksanaan Diklat Paskibraka ini untuk meningkatkan juga mengembangkan rasa kesadaran Nasional untuk mensyukuri kemerdekaan negara kesatuan RI.

"Untuk memupukkan semangat kebangsaan, kecintaan serta memiliki semangat kecintaan terhadap bangsa dan negara dikalangan generasi muda," kata Bobby Rachamat.

Selain itu, pihaknya mengungkapkan tujuan lainnya untuk mengembangkan sikap disiplin dan tertib dengan mengikutsertakan pemuda Indonesia pada peringatan hari - hari tertentu.

"Wujudkan kader - kader patriot pembela bngsa dan negara yang beriman juga bertaqwa atas kesadaran ketahanan Nasional," ujarnya. (mcr/nb).

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved