Senin, 23/05/2022  
Lingkungan / Cuaca Buruk Kerap Landa Pekanbaru, Maskapai Diminta Waspadai
Cuaca Buruk Kerap Landa Pekanbaru, Maskapai Diminta Waspadai

Lingkungan - - Jumat, 14/10/2016 - 05:36:11 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, situsriau. com - Sudah beberapa hari terakhir cuaca buruk landa Kota Pekanbaru saat sore hingga malam hari. Seiring dengan itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mengingatkan, supaya maskapai waspada.

"Bagi pesawat mau landing (mendarat) saat cuaca buruk, kita sarankan mengalihkan pedaratan ke bandara terdekat," ucap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi di Pekanbaru, Kamis (13/10/16).

Meski pilot pesawat, ia terangkan, berupaya melakukan proses pendaratan di suatu bandara, tetapi tidak perlu dipaksakan karena memiliki resiko tinggi bagi keselamatan penerbangan.

Di saat cuaca buruk terjadi, lanjutnya, maka kecepatan agin bisa meningkat secara dratis dan menganggu kestabilan pesawat ketika melakukan proses pendaratan.

Belum lagi disertai hujan lebat mengikuti agin dan sering terjadi jarak pandang jadi terbatas di bawah satu kilometer atau syarat minimal untuk medaratkan pesawat.

Lazimnya ketika cuaca buruk, maka pesawat beberapa kali memutar di wilayah udara sekitar bandara setempat, meski penumpang merasakan beberapa kali alami guncangan.

"Itu, yang dialami pesawat Lion kemarin. Karena mereka mendarat saat cuaca terjadi di Pekanbaru dengan kecepatan angin capai 36 knot dan berbahaya bagi penerbangan," katanya.  

Bambang Setiawan, Airport Duty Officer OIC Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II membenarkan peristiwa maskapai Lion Air mengalihkan pendaratan pesawat di Batam.

Dia berucap, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 924 lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng pukul 16.00 Wib dan mendarat di Pekanbaru jam 17.45 Wib.(sr5, an)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved