Jum'at, 25 Juni 2021  
Lingkungan / Puncak Perayaan HPN, PWI Riau Tanam 100 Batang Cemara Pantai di Pulau Rupat
Puncak Perayaan HPN, PWI Riau Tanam 100 Batang Cemara Pantai di Pulau Rupat

Lingkungan - - Kamis, 04/02/2021 - 12:34:41 WIB

PEKANBARU, situsriau.com- Peraatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau akan menanam 100 pohon cemara pantai pada  puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 Tingkat Provinsi Riau yang diselenggarakan di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis pada 9 Februari 2021 mendatang.

Pohon Cemara Pantai tersebut merupakan bantuan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan  (BPDASHL Inrok),

"Untuk bibit cemara pantai sudah kami siapkan. Jika sebelumnya pihak PWI minta 50 bibit, tapi kami siapkan 100. Roundown acaranya bagaimana, kita ngikut saja. Yang jelas, kami partisipan saja di belakang. Kapan kami hadir, kapan kami memberikan bibit ini kami ikut saja dibelakang. Kami ikut dengan panitia saja untuk di Rupatnya. Tapi kalau untuk di komunitasnya, kita akan rumuskan," ujar Plh Kepala BPDASHL Inrok Adnan saat melakukan pertemuan dengan Tim Panitia HPN Tahun 2021 Tingkat Provinsi Riau di Kantor BPDASHL Inrok, Jalan Bakti, Kecamatan Marpoyan Damai, Peksnbaru, Riau, Rabu (03/02/2021).

Hadir pada pertemuan itu antara lain Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Desmantoro dan Sigit serta Agung dari Bagian Administrasi. Sedangkan Tim Panitia HPN Tahun 2021 Tingkat Provinsi Riau antara lain Zulmiron (Wakil Sekretaris Panitia), Denni Risman (Ketua Seksi Penghijauan), Ketua Seksi Bakti Sosial Donor Darah Ardiansyah MZ Tanjung, Dara Fitria, Henny Eliyati, Satria Utama Batubara dan Ridwan Sinaga.

Adnan menyampaikan, untuk bibit cemara pantai sudah ready. Yang mana bibit tersebut tingginya sekitar 50 centimeter up.

"Kita kemarin memang sedikit kesulitan mencari bibit cemara pantai ini. Karena di Riau sendiri tidak ada. Dan bibit cemara pantai ini kami dapat dari Jawa Timur. Bibit tersebut sudah ada dan sedang direkondisikan hampir dua minggu. Kondisinya sekarang sudah segar," timpal Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Desmantoro.

"Kita memilih pohon cemara pantai atau cemara laut untuk penghijauan di pantai Rupat, karena pohon ini sangat banyak manfaatnya. Selain jadi pohon pelindung di pantai, juga manfaatnya menahan abrasi dan tsunami, bisa menambah sendimen pantai, menahan uap air laut naik ke darat, menambah unsur hara di tanah sehingga di sekitar pohon cemara pantai ini nantinya warga bisa menanam tanaman semusim," kata Denni Risman.

Dikesempatan itu, Ketua Seksi Penghijauan Denni Risman menyampaikan, kegiatan HPN kali ini berbeda dengan yang sebelumnya. HPN kali ini serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia. Yakni secara virtual.

"Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang berharap, dipilihnya Pulau Rupat, pulau terluar itu akan dinyatakan bahwa ini program kami, Penghijauan di Pulau Rupat. Dan disini kami melakukan MoU dengan BPDASHL Inrok terkait hutan komunitas. Poinnya kita ambi bahwa BPDASHL Inrok melakukan MoU hutan komunitas dengan PWI Riau. Dan ini akan menjadi yang pertama di Indonesia," ujar Denni  Risman.(rls)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved