Senin, 23/05/2022  
Lingkungan / Masrul Kasmy Buka FGD Rencana Wilayah Pertahanan Bagi Kepentingan Kawasan Strategi Nasional
Masrul Kasmy Buka FGD Rencana Wilayah Pertahanan Bagi Kepentingan Kawasan Strategi Nasional

Lingkungan - - Kamis, 21/07/2022 - 20:03:02 WIB
Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy, Ketua Tim dari Kementerian Pertahanan (Kemenham) RI Kolonel Laut (P) Sugeng Suryanto, Kabid Pertahanan dan Penataan Ruang Dinas PUPR PKPP Riau Iwan Suryawan dan tamu undangan lainnya foto bersama.
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU,situsriau.com - Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy membuka secara resmi Focus Group Discussion (FGD) tentang rencana wilayah pertahanan bagi kepentingan kawasan strategis Nasional untuk kawasan pertahanan negara di Ruang Rapat Kenanga Kantor Gubernur Riau, Kamis (21/07/2022).

"Bismillahirrahmaanirrahiim, FGD tentang sosialisasi Permenhan nomor Kep/1478/M/Xii/2021 tentang rencana wilayah pertahanan bagi kKepentingan kawasan strategis nasional untuk pertahanan negara di Provinsi Riau, secara resmi kami nyatakan dibuka," bukanya.

Sebagai informasi, pertahanan negara merupakan segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan keselamatan segenap bangsa dari berbagai macam ancaman.

Dalam sambutannya, Masrul Kasmy mengatakan bahwasanya dalam penguasaan pengetahuan ditingkat global saat ini telah mengalami transformasi dalam hal pemanfaatan kekuatan suau negara yaitu dari hard power menuju soft power. Negara maju tidak lagi mengedepankan kekuatan militer dalam mempengaruhi negara lain, akan tetapi lebih memilih pendekatan soft power dalam mempengaruhi negara lain.

"Karena dengan soft-power banyak manfaat yang didapatkan, misalnya untuk meningkatkan kesejahteraan warganya dan memperkuat posisi Negara di percaturan Internasional termasuk pertahanan diri suatu Negara," kata Masrul.

Ia juga menyebutkan bahwasanya Provinsi Riau berada dalam posisi yang sangat strategis diman Riau beerada di perbatasan Selat Melaka. 

"Yang kita ketahui bahwa Selat Melaka ini merupakan selat tersibuk di dunia, membuat Riau sebagai Provinsi yang letaknya sangat strategis karena sangat dekat dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Hal ini tentu menjadi perhatian penting dalam bidang pertahanan kita," sebutnya.

Ia harap dengan adanya FGD ini dapat membuat koordinasi dalam menjaga wilayah pertahanan negara di Provinsi Riau bisa berjalan dengan baik kedepannya.

"Kita harap dengan adanya FGD dapat membantu dalam meningkatkan keamanan dan kesejahteraan masyarakat kita terutama masyarakat yang berada di daerah terpencil bisa terjaga keamanannya," harap Masrul Kasmy. (mcr/nb).

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved