Senin, 28 November 2022  
Pendidikan / Sekdaprov Riau Sampaikan Orasi Ilmiah Dalam Rapat Istimewa Senat Milad ke-60 UIR
Sekdaprov Riau Sampaikan Orasi Ilmiah Dalam Rapat Istimewa Senat Milad ke-60 UIR

Pendidikan - - Senin, 05/09/2022 - 16:38:31 WIB
Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto.

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU,situsriau.com - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto menghadiri Rapat Istimewa Senat dalam rangka Milad ke-60 Universitas Islam Riau (UIR). Rapat istimewa senat tersebut dipusatkan di ruangan Auditorium Rektorat Universitas Islam Riau, Senin (05/09/2022). 

Dalam kesempat tersebut, sebagai alumni terbaik angkatan 84 UIR, SF Hariyanto berkesempatan menyampaikan orasi ilmiahnya berjudul "Peran Alumni UIR dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia Berkualitas Menuju Era Smart Society 5.0". 

Sekdaprov Riau menyebutkan, perkembangan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan manusia saat ini berkembang sangat pesat, digitalisasil telah menguasai hampir semua kehidupan manusia. 

Era tersebut telah masuk ke dalam sebuah peradaban baru berkonsepkan kemajuan intelektualitas yang disebut revolusi industri yang dikenal dengan internet, telah menyentuh dunia yang menciptakan konektivitas antara manusia, mesin dan data. 

Kehadiran revolusi industri tentunya menjadi kabar gembira bagi kehidupan manusia saat ini, betapa tidak, segala sesuatu dapat terlaksana jauh lebih mudah dan efisien. 

"Namun juga memiliki dampak negatif yang berpotensi mengecilkan peran manusia dan menggerus jati diri kemanusiaan, karena itulah muncul konsep smart society 5.0," jelas SF Hariyanto. 

Dikutip dari laman Kemenko PMK RI, era society 5.0 menempatkan manusia sebagai komponen utamanya. 

Menurut SF Hariyanto, agar manusia bisa menjadi pelaku utamanya, jiwa kreatif menjadi salah satu faktor utama yang harus dimiliki. 

"Kolaborasi berpikir kritis dan kemampuan kreativitas tentunya pendidikan memegang peranan penting untuk menyongsong smart society, yakni pendidikan yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan berkarakter," pungkas SF Haryanto. (mcr/ip/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved