Senin, 23/05/2022  
Pendidikan / Akademisi di Riau Bantu Pemerintah Tingkatkan SDM Lulusan SMA
Akademisi di Riau Bantu Pemerintah Tingkatkan SDM Lulusan SMA

Pendidikan - - Minggu, 18/09/2022 - 10:41:43 WIB
SMAN 14 Pekanbaru di Jalan Utama Ujung, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Riau.

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU,situsriau.com - Sejumlah akademisi dari Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru, Riau berkomitmen membantu pemerintah dalam peningkatan kualitas SDM lulusan SMA. Komitmen itu dibuktikan melalui Program Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Untuk mensukseskan itu, Universitas Lancang Kuning (Unilak) melakukan kunjungan ke SMAN 14 Pekanbaru di Jalan Utama Ujung, Kecamatan Bukit Raya. Dihadiri langsung Rektor Unilak Dr.Junaidi.

Tiba di lokasi Dr Junaidi disambut Kepala Sekolah Aslidawati, MM dan sejumlah guru dan siswa. Turut hadir Kepala Urusan Internasional dan Kerja sama Unilak Dr Nurfaisal, Kepala Media dan Promosi M Revnu Ohara.M.Ikom.

Rektor Unilak Dr Junaidi memberikan motivasi kepada siswa SMA kelas 12. Ia mengajak siswa untuk giat belajar dan memiliki niat untuk kuliah. 

"Walau orang tua mampu, kebun sawit ada, tapi tidak kuliah maka rugi,  jangan sampai tidak kuliah, kondisi dulu dan sekarang telah jauh berbeda. Saat ini, kompetisi keahlian semakin ketat," ujar Dr Junaidi mengawali motivasinya, Jumat, (16/09/2022). 

Dikatakan dia, untuk kuliah perlu kiranya menentukan perguruan tinggi yang dipilih. "Di Unilak banyak siswa-siswa yang kuliah di lancang Kuning akhirnya setelah sarjana bisa menjadi orang sukses," ucapnya. 

Bagi yang ingin berbisnis di zaman digital, kata Dr Junaidi, dapat memilih Prodi Bisnis Digital Lancang Kuning, bagi yang ingin menjadi pengacara dapat memilih Fakultas Hukum Unilak. 

"Bagi yang berbakat dengan gambar dapat memilih Prodi Arsitektur Unilak dan jika ingin meneruskan kebun sawit orang tua, dapat memilih Prodi Pertanian " sebut Dr Junaidi. 

Lebih lanjut, Dr Junaidi  memberikan sejumlah tips dalam memilih kampus, di antaranya yaitu, tips terkait biaya kuliah kampus,  kemampuan nilai, dan perhitungan kesanggupan dari segi ekonomi, maupun jarak/transportasi. 

"Jika tidak memungkinkan maka dapat memilih kampus yang terjangkau biayanya, seperti kampus Universitas Lancang Kuning. Dan di Unilak bisa kuliah sambil kerja," katanya pula. 

Dikesempatan itu Rektor Unilak Dr Junaidi juga melakukan dialog dan tanya jawab dengan siswa kelas 12. Satu di antaranya adalah Zulaika yang ingin kuliah usai tamat SMA di fakultas hukum. 

"Usai tamat SMA saya ingin masuk Hukum, cita cita ingin jadi Jaksa," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA 14 Pekanbaru Aslidawati, MM mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unilak yang telah memberikan motivasi kepada siswa-siswi kelas 12 Pekanbaru. 

"Kami bersyukur Rektor Unilak langsung hadir memberikan motivasi kepada sekolah kami. Tentunya pengalaman beliau kuliah dan menjadi Rektor menjadi motivasi bagi siswa dan guru guru," tandasnya. 

Usai memberikan motivasi, kegiatan dilanjutkan dengan penandatangan MoU, kerja sama yang meliputi bidang pelatihan perpustakaan, sistem informasi. (mcr/jep/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved