Minggu, 05 Februari 2023  
Pendidikan / UIR Kukuhkan Prof Nurman Sebagai Guru Besar Ilmu Kebijakan Publik
UIR Kukuhkan Prof Nurman Sebagai Guru Besar Ilmu Kebijakan Publik

Pendidikan - - Kamis, 19/01/2023 - 23:09:06 WIB
Sidang Terbuka Senat Universitas Islam Riau dalam Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. H. Nurman, S.Sos., M.Si di Ruang Auditorium Lantai 4 Gedung Rektorat, pada Kamis (19/01/2023).
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU,situsriau.com - Universitas Islam Riau (UIR) menggelar sidang senat terbuka pengukuhan Prof Dr H Nurman, S Sos, M Si sebagai Guru Besar bidang Ilmu Kebijakan Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIR. 

Sidang dan pengukuhan tersebut dipimpin langsung oleh Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi di Ruang Auditorium Lantai 4 Gedung Rektorat, pada Kamis (19/01/2023).

Gelar Guru Besar yang diperoleh oleh Prof Nurman ini berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nomor 74079/MPK.A/KP.07.01/2022. 

SK tersebut tentang kenaikan jabatan akademik Prof Nurman sebagai guru besar bidang Ilmu Kebijakan Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIR. 

Syafrinaldi mengatakan, bahwa seluruh unsur pimpinan dan seluruh civitas akademika UIR menyampaikan selamat dan rasa bangga serta apresiasi kepada Prof Nurman atas dikukuhkannya sebagai profesor atau guru besar.

"Selamat atas pengukuhan Prof Nurman menjadi guru besar UIR yang ke-13. Kami harap para guru besar yang sudah ada ini terus memberikan kontribusi yang hebat untuk kemajuan dalam rangka pengembangan UIR hari ini dan di masa yang akan datang," ucapnya. 

Disebutkan Rektor, bahwa terdapat 186 dosen yang berkualifikasi doktor di Universitas Islam Riau. Di mana sedikitnya ada 10 dosen berkualifikasi Doktor sedang mengurus dan menunggu SK untuk mendapatkan gelar sebagai professor atau guru besar.

"UIR sendiri sudah ada 186 doktor dan mudah-udahan semuanya akan menjadi profesor dan guru besar. Sekarang ini saja UIR sudah yang terbesar dan terbanyak jumlah professornya. Apalagi 10 orang ini akan dikeluarkan SK-nya oleh kementerian," ujar Syafrinaldi.

Sementara itu, Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau menyambut baik dan akan terus memberikan dorongan dengan berbagai kebijakan termasuk memberikan beasiswa bagi dosen untuk penelitian dan sebagainya.

"Selama ini pemerintah kita sudah mendorong beasiswa ini sekitar 60 universitas di Riau baik negeri dan swasta. Dorongan yang dimaksud untuk dosen, riset, dan strata yang lebih tinggi menjadi guru besar. Bentuk dukungan ini sudah dilakukan oleh Pemprov Riau dan akan terus dilakukan kedepannya," kata Masrul Kasmy.

Pihaknya juga menyebutkan, dengan bertambahnya guru besar di salah satu universitas di Riau ini, menjadi suatu kesempatan yang baik dalam dunia pendidikan.

"Tentu ini menjadi kesempatan yang bagus bahwa dunia pendidikan kita akan terkelola dengan baik dan putra-putri Riau kedepannya akan banyak menuju kesitu yang bisa menjadi pemimpin bangsa," sebutnya.

Ia juga berharap, melalui pengukuhan Guru Besar tersebut menjadi motivasi bagi dosen dosen muda yang ada di UIR maupun universitas lainnya untuk bisa mengejar posisi professor tersebut.

"Hampir enam tahun beliau berjuang untuk mendapatkan gelar tersebut dan hal ini bisa menjadi contoh bagi dosen-dosen muda untuk bisa berkiprah sampai pada tingkat yang lebih baik," harap Masrul Kasmy.

Turut hadir dalam pengukuhan Prof Dr Nurman tersebut, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X (LLDIKT) Afdalisma dan tamu undangan lainnya. (mcr/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved