Jum'at, 01 Maret 2024  
Pendidikan / Penerimaan Mahasiswa 2024, UNRI Bakal Terapkan UTBK
Penerimaan Mahasiswa 2024, UNRI Bakal Terapkan UTBK

Pendidikan - - Minggu, 21/01/2024 - 21:10:31 WIB






PEKANBARU, situsriau.com- Skema penerimaan mahasiswa baru jalur PBUD (Penelusuran Bibit Unggul Daerah) dan PBM (Penelusuran Bakat dan Minat) yang sebelumnya menggunakan nilai rapor, mulai tahun 2024 ini akan menggunakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Universitas Riau (Unri) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang akan menerapkan skema tersebut.


Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Mexsasai Indra SH MH, yang diwakili oleh staf pendamping Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Rahman Karnila SPi MSi saat pembekalan Sosialisasi PMB menyebutkan bahwa, informasi penerimaan mahasiswa baru ini akan disampaikan juga kepada sekolah-sekolah yang ada di daerah.

“Pada tahun ini, ada beberapa perubahan dalam seleksi penerimaaan mahasiswa baru di Unri. Maka dari itu, Unri akan memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah pada kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau, sehingga kepala sekolah dan guru di sekolah memahami skema baru dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 ke siswa-siswa yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di Unri,” jelas Rahman.

Perubahan skema penerimaan mahasiswa baru diantaranya, pada jalur mandiri PBUD (Penelusuran Bibit Unggul Daerah) dan PBM (Penelusuran Bakat dan Minat) sebelumnya menggunakan nilai rapor, mulai tahun 2024 ini Unri menggunakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Selain jalur mandiri, perubahan-perubahan ketentuan juga terjadi pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Salah satu perubahan di SNPMB 2024, ialah peserta yang sudah diterima di jalur prestasi, tak boleh daftar pada jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Yang sudah diterima jalur SNBT, tak boleh lagi mendaftar di jalur mandiri.

“Skema-skema baru seperti ini perlu kita sampaikan ke sekolah-sekolah agar siswa-siswa di daerah juga bisa memperoleh informasi yang jelas dan akurat, sehingga informasi resmi penerimaan mahasiswa baru ini tersosialisasikan dengan baik kepada calon-calon siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi negeri khususnya di Unri,” harapnya.

Sebanyak 12 kabupaten/ kota yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Riau, diantaranya Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan hilir, Duri, Dumai, Kepulauan Meranti, Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Bengkalis, Kuansing, Kampar Kiri dan sekitarnya. Sementara untuk Sospro di Kota Pekanbaru telah dilaksanakan pada bulan Desember 2023 lalu.

Tim Sosialisasi dan Promosi Universitas Riau (Unri) akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tingkat menengah atas di Kabupaten/ Kota yang ada di Provinsi Riau dalam rangka sosialisasi Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Riau Tahun Ajaran 2024/2025.

Sosialisasi ke kabupaten dan kota yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 30 Januari 2024 ini ditujukan kepada kepala sekolah, guru, serta siswa yang ada di sekolah menengah atas yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. ***

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved