Kamis, 26 Mei 2022  
Nasional / BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun Ini Bisa Mencapai 5,4 Persen
BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun Ini Bisa Mencapai 5,4 Persen

Nasional - - Rabu, 26/01/2022 - 18:51:03 WIB

JAKARTA,situsriau.com - Bank Indonesia (BI) memprakirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 akan lebih baik dari tahun lalu, akan mencapai 4,7 hingga 5,4 persen. 

Hal ini dibeberkan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam acara Peluncuran Laporan Transparansi dan Akuntabilitas Bank Indonesia 2021, Rabu (26/1/2022). 

Meski pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksi akan lebih baik tahun 2022, Perry menyebutkan, inflasi juga diperkirakan akan naik 3 persen plus minus 1 persen, tapi masih bisa dikendalikan. 

"Inflasi memang akan naik, 3 persen plus minus 1 persen, tapi Insya Allah dapat dikendalikan sesuai sasaran," ujar Perry. 

Tidak hanya itu, nilai tukar juga akan menjadi tekanan di tahun ini, tapi untuk menjaga stabilitas nilai tukar BI tetap akan melakukan koordinasi bersama Kementerian Keuangan. 

Untuk itu, Perry mengajak perbankan untuk meningkatkan pembiayaan dan kredit.  "Teman-teman perbankan mari tingkatkan pembiayaan dan kredit kepada perbankan, mari kita tingkatkan kredit pembiayaan untuk pemulihan ekonomi usaha," ajaknya. 

Menurut Perry, dengan melakukan pembiayaan pemulihan ekonomi usaha adalah bentuk kekuatan dan sinergi dalam kebijakan ekonomi nasional. 

"Mari gerakkan terus UMKM, inklusi ekonomi, dan para asosiasi sistem pembayaran digitalisasi, karena ini menjadi kunci. 

BI terus berkomitmen bersama pemerintah dan berbagai pihak memperkuat sinergi untuk pemulihan ekonomi. Insya Allah tahun 2022 akan lebih baik. Mari kita optimis dan mari kita bersinergi," pungkas Perry. (mcr/nv/nb).

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved