Senin, 23/05/2022  
Nasional / Jokowi Ajak Seluruh Pemimpin Jadi Teladan Aktualisasi Nilai Pancasila
Jokowi Ajak Seluruh Pemimpin Jadi Teladan Aktualisasi Nilai Pancasila

Nasional - - Rabu, 01/06/2022 - 21:39:24 WIB
Presiden Joko Widodo
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU,situsriau.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan dalam mewujudkan Indonesia maju dan mewujudkan cita - cita proklamasi kemerdekaan Indonesia, pihaknya mengajak seluruh pemimpin negara bangsa terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik dan tokoh masyarakat lainnya untuk bisa menjadi teladan dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Hal ini disampaikannya pada saat memberikan sambutan dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, Rabu (01/06/2022), secara virtual di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Ajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif dalam memperkokoh nilai-nilai Pancasila agar dapat mewujudkan Indonesia maju dan wujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan," ajaknya.

Jokowi menjelaskan bahwa pada saat ini, seluruh negara sedang menghadapi situasi dunia yang bergejolak dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir dan diikuti oleh krisis energi dan pangan serta ancaman kemiskinan ekstrem dan kelaparan dan juga perang di Ukraina. Untuk itu ia mengajak seluruh pihak baik di negara maju lainnya untuk bersama - sama untuk bergotong royong ciptakan manusia yang lebih baik lagi.

"Sebagai pemegang mandat presiden G20 kita mengajak seluruh negara maju di dunia bergotong-royong, menciptakan umat manusia yang lebih baik, membangun sistem Kesehatan Global yang mampu menghadapi krisis di masa depan," katanya.

Menurutnya, dalam membangun sistem kesehatan global yang mampu menghadapi krisis di masa depan bisa dilakukan dengan tata kelola dunia yang lebih sehat lebih damai dan lebih berkenan dan lebih berperikeadilan.

Selain itu, Jokowi menyatakan bahwa dalam memperjuangkan Pancasila, pihaknya mengajak untuk bersama - sama untuk mengimplementasikan secara baik dalam tata kelola pemerintahan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa.

"Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja yang dirasakan kehadirannya dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia," sebutnya. (mcr/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved