Kamis, 25 Juli 2024  
Nasional / Momen Pemuda hingga Lansia Upacara HUT Ke-78 RI di Trans JIN
Momen Pemuda hingga Lansia Upacara HUT Ke-78 RI di Trans JIN

Nasional - - Kamis, 17/08/2023 - 22:11:17 WIB

PEKANBARU,situsriau.com - Perayaan HUT Ke-78 Republik Indonesia terlihat meriah di kawasan eks Trans Jasa Industri (Trans JIN) Pekanbaru. Terlihat antusias masyarakat sangat tinggi baik anak-anak hingga lansia hadir.


Pantauan di lokasi, sebelum perayaan HUT Ke-78 RI masyarakat beramai-ramai datang untuk upacara bendera. Khusus Trans JIN upacara dipimpin langsung prajurit TNI AU, Serda Nurhadi.


Seolah seperti langganan, Serda Nurhadi yang selama ini dinas di Wings Udara 6 Lanud Roesmin Noerjadin selalu diminta jadi pemimpin upacara. Demi masyarakat, Nurhadi pun izin ke kesatuan.


"Demi memajukan masyarakat untuk lebih cinta lagi pada negara Republik Indonesia, dengan upacara bendera. Termasuk untuk menumbuhkan rasa kemerdekaan dengan cara bersatu bersama, menjaga bangsa," katanya usai upacara, Kamis (17/8/2023).


Demi membangkitkan nasionalisme di lingkungan tempat tinggal, Nurhadi pun sejak awal telah meminta izin kepada atasan. Mengingat tidak semua prajurit bertugas, Nurhadi pun bisa berdiri di tengah puluhan masyarakat transmigrasi.


"Di satuan SDH izin atasan dan kebetulan tidak seluruhnya tampil upacara di kantor gubernur, walikota dan tempat lainnya. Namun yang terpenting menumbuhkan rasa cinta dan bangga dengan bangsa sendiri, yaitu bangsa Indonesia," katanya.


Tak hanya Nurhadi, pembina upacara juga dihadiri tokoh muda Sialang Munggu yaitu Zikri. Zikri yang juga menjabat Ketua LPM Kelurahan Sialang Munggu bahkan terlihat antusias.


"Semangat ini harus dijaga, setiap tahun harus ada upacara 17 Agustus di Trans Jasa Industri ini. Ini agar kedepan semua bisa memberikan edukasi pada generasi muda. Tetap saling bahu membahu untuk kemajuan bersama, gotong royong," kata Zikri dalam amanatnya.


Hadir dalam barisan peserta yakni Ketua RW 10 Yuli Wendri Tanjung, Ketua RT 01 Damanhuri dan Ketua RT 02 Winarno. Selain itu, sejumlah tokoh masyarakat dan generasi muda juga hadir dalam upacara pagi tadi.


Untuk memeriahkan hari kemerdekaan, sejumlah peserta terlihat hadir dengan pakaian adat. Ada juga dengan pakaian sekolah hingga kelompok pengajian ibu-ibu.


Pelaksanaan upacara di Trans JIN sendiri bukan pertama kali dilakukan. Tiap tahun, masyarakat selalu menggelar upacara di lapangan demi membangkitkan semangat nasionalisme.


Pada tahun ini, komando pemuda dipimpin pemuda setempat bernama Tarmidzi Saputra alias Putra. Bahkan berbagai persiapan sudah dilakukan sejak jauh hari jelang HUT Ke-78 RI hari ini. (mcr/mc/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved