Kamis, 28 Maret 2024  
Gerak Cepat, Diskes Rohul Bentuk Tim Siaga Corona

Advetorial Rokan Hulu - - Kamis, 05/03/2020 - 16:27:44 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com - Pihak Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bergerak cepat dan membentuk tim siaga Corona Virus (Covid-19), walaupun di Rohul belum ada warga terinfeksi atau suspect virus yang sudah banyak menelan korban jiwa itu.

Tim siaga Corona dibentuk menyikapi mulai mewabahnya Virus Novel Corona Virus (Covid-19) di Indonesia. Meski siaga, Diskes Rohul Memastikan belum ada warga Rohul yang suspect atau gejala terkontaminasi virus mematikan tersebut.

Saat ini Diskes Rohul sudah membentuk tim kesiapsiagaan yang  bertujuan, memfokuskan langkah penanganan khususnya sosialisasi dan pemantauan terhadap warga Rohul yang baru pulang bepergian ke Luar negeri atau daerah yang terjangkit virus mematikan.

Informasi Kadiskes Rohul dr.Bambang Triono melalui Kepala bidang (Kabid) P2 PL Diskes Rohul dr.Darmadi Lubis menjelaskan, bahwa Tim Kesiapsiagaan dipimpin langsung Kepala Diskes Rohul.

"Tim juga melibatkan Bidang-bidang di  Diskes sesuai peranan masing-masing, Seperti bidang Kesmas yang nantinya fokus mempromosikan pencegahan, PHBS serta P2P dalam pelayana dan Penanggulangan," kata Darmadi Lubis, Rabu (4/3/20) sore.

Darmadi juga menambahkan, selain membentuk tim kesiapsiagaan, Diskes Rohul juga sudah membuat surat edaran ke seluruh Puskesmas-Puskesmas tentang panduan tata laksana penanganan Covid- 19.

"Sedangkan di RSUD Rohul sebagai tempat penanganan sementara  pasien suspect Corona Virus, sudah ada spesialis paru yang ditunjuk sebagai ketua tim tata laksana bila nantinya ditemukan kasus Covid 19," jelasnya.

Darmadi juga mengakui, dikarenakan Rohul bukan merupakan pintu masuk sehingga penanganan Corona Virus yang dilakukan bakal lebih menitikberatkan ke pencegahan serta pemantauan kesehatan bagi warga Rohul, yang baru pulang dari luar negeri atau daerah yang terjangkit wabah Covid 19.

"Sehingga peran Puskemas diharapkan melakukan pemantauan ke warga yang baru pulang dari luar negeri atau daerah yang terjangkit virus Corona selama 14 hari, apakah ada gejala yang menyerupai Covid 19 atau tidak," imbau Darmadi. (sr5, hr).

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved