Kamis, 19 Mei 2022  
Seorang Petugas Kesehatan Puskesmas Rokan IV Koto Positif Covid-19

Advetorial Rokan Hulu - - Senin, 20/07/2020 - 06:20:05 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com - Ketua Tim Gugus Tugas Covid- 19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman melalui juru bicara (jubir) Tim Gugus Tugas Covid- 19, Drs.Yusmar.M.Si, resmi umumkan seorang petugas kesehatan Puskesmas Rokan IV Koto I positif Covid-19‚Äč dan masuk Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Pada Minggu (19/7/20) pukul 20.40 WIB, kami informasikan terkait perkembangan Covid- 19 di Rohul dan agar tidak terjadi informasi simpang siur, melalui Media Centre Covid- 19 Rohul, Ny.N (31) warga Rokan IV Koto positif OTG hasil swab massal I yang dilakukan 16 Juli 2020 lalu," kata Jubir Covid- 19 Rohul, didampingi Kabid P2P Dinas Kesehatan (Diskes) Rohul dr Darmadi.

Kata Yusmar lagi, semula pada 16 Juli 2020 dilakukan swab massal di Puskesmas Rokan IV Koto I kepada seluruh petugas tenaga kesehatan, pada Minggu sore Jubir Tim Gugus Tugas Covid- 19 Riau terkait hasil swab bahwa Ny.N positif OTG.

Sebut Yusmar lagi, pengumuman penting. Karena pasien terkonfirmasi Covid- 19 yang sehat maupun yang terkonfirmasi, maka akan diumumkan ke media dan masyarakat, sesuai hasil swab ahli di bidangnya. Itu diumumkan, sekalian pemulihan nama baik di tengah masyarakat, yang ditangani dan diurus dan diinformasikan ke masyarakat agar tidak ada simpang siur serta pihak yang dirugikan.

Menyikapi adanya 1 positif OTG di Rohul, dr.Darmadi menyatakan, akan melakukan tes swab ulang kepada 51 tenaga kesehatan Puskesmas Rokan IV Koto I yang diduga pernah kontak dengan Ny.N. Selain itu, untuk sementara pelayanan di Puskesmas Rokan IV Koto I akan ditutup sementara selama 14 hari kedepan dan menunggu koordinasi, dan pelayanan akan dialihkan ke puskesmas pembantu (Pustu) di Desa Koto Ruang.

"Termasuk suami dan anaknya juga akan dilakukan swab termasuk petugas medis Puskesmas Rokan IV Koto I pada Senin (20/7/20). Ny.N kini sudah dirawat di ruang isolasi RSUD Rohul, dan keadaan umumnya membaik sampai swabnya 2 kali negatif," jelas dr Darmadi.

Dari riwayat perjalanan Ny.N pernah melakukan perjalanan ke Sumatera Utara 1 Juli lalu, sedangkan penyebabnya belum bisa dipastikan, sehingga kini masih ditelusuri.

Terkait adanya satu warga Nn.BA (20) yang terkonfirmasi positif Covid- 19, kini masih menjalani perawatan di ruang isolasi Covid- 19 RSUD Rohul. Darmadi menyatakan, kini pihaknya masih menunggu hasil swab V dan VI. Dari hasil swab II,III dan IV Nn.BA positif kini masih dirawat di ruang isolasi Covid- 19 RSUD Rohul dengan tidak ada gejala.

Jubir Covid- 19 Rohul Yusmar juga menambahkan, hingga kini total ODP 8.743, terpantau 297, selesai dipantau 8.464 dan ODP baru 18.

Sedangkan PDP bertambah 1, total PDP 72, selesai pemantauan 70, dan 2 masih dirawat karena terkonfirmasi Covid- 19. (sr5, hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved