Jum'at, 26 April 2024  
Seluruh Hewan Kurban di Rohul Bakal Diperiksa Kesehatannya oleh Dokter Hewan

Advetorial Rokan Hulu - - Selasa, 28/07/2020 - 14:38:56 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com - Pastikan kelayakan mengkonsumsi hewan kurban yang sehat di Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Rokan Hulu (Rohul) sudah bentuk tim dan menurunkan puluhan dokter hewan serta petugas pemeriksa hewan kurban.

Baik dokter hewan, tim dan pemeriksa hewan kurban, disebar di 16 kecamatan se Rohul dengan tujuan, selain untuk mendata dan mengetahui jumlah hewan kurban sekaligus mengecek kondisi fisik hewan kurban masyarakat di Hari Raya Idul Adha 1441 Hinriyah jatuh pada Jumat (31/7/29).

Dikatakan Kepala Disnakbun ‎Rohul CH Agung Nugroho STP didampingi Kabid Peternakan dan Keswan Harianto SP,  Senin (27/7/20), pihaknya sudah menerbitkan SK Tim Pemeriksaan Hewan Kurban di 16 kecamatan se Kabupaten Rohul.      

Dengan jumlah puluhan paramedik bersama petugas lapangan yang kini tengah lakukan pendataan sekaligus memeriksa kesehatan hewan qurban yang akan disembelih pada Idul Adha 1441 Hijriyah.

‘’Pada H-3 Hari Raya Idul Adha, secara intensif Tim pemeriksaan hewan kurban turun ke kecamatan melakukan pemeriksaan ke seluruh hewan kurban di tahun ini. Pendataan dan pemeriksaan hewan kurban. Tim pemeriksa kesehatan hewan kurban mendatangi musala dan masjid di 16 kecamatan,’’ kata Agung.

Pemeriksaan hewan kurban yang rutin dilakukan setiap tahun, tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap hewan ternak yang akan dikurbankan pada hari raya Raya Idul Adha layak untuk dikonsumsi.
        
’Pemeriksaan kesehatan hewan kurban memastikan seluruh hewan kurban yang akan disembelih layak dikomsumsi. Bila dari pemeriksaan kesehatan hewan, ditemukan yang sakit, kita rekomendasikan ke pengurus masjid, musala, surau agar tidak disembelih. Kalau ditemukan ada hewan kurban yang sakit tapi tak membahayakan ke manusia dan bisa diobati tidak
permasalahkan,’’ ucapnya.

Harianto menghimbau ke masyarakat atau pengurus masjid, musala, surau suluk yang ada di Rohul dalam memilih hewan kurban, terutama dagingnya aman, sehat, utuh
dan halal (Asuh).       

Besar kecilnya hewan ternak yang akan dikurbankan masyarakat, tidak menjadi persoalan. Namun hewan kurban yang disembelih tidak cacat permanen.

Saat ini, Disnakbun belum bisa memastikan, berapa jumlah hewan kurban yang akan disembelih tahun 2020 ini. Namun jumlah itu akan diketahui dihari Raya Idul Adha 1441 H, karena tim pemeriksaan hewan kurban akan lakukan pendataan dan pemeriksaan hingga malam sebelum Idul Adha.(sr5, hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved