Kamis, 26 Mei 2022  
Pemprov Riau Buat Pakta Integritas Pembayaran Single Salary ASN

Advetorial Pemprov Riau - - Selasa, 18/12/2018 - 10:41:06 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah melakukan pakta integritas kedua sebagai tolok ukur pembayaran single salary system atau gaji tunggal Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini menyusul adanya rasionalisasi anggaran yang dilakukan akibat defisit anggaran.

Untuk diketahui sistem single salary pembayaran tunjungan berbasis kinerja, dengan rasionalisasi yang dilakukan otomatis kinerja pegawai tidak bisa 100 persen. Apalagi pemerintah setempat meniadakan APBD Perubahan 2018.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi, saat dikonfirmasi terkait pembayaran single salary dengan kondisi tersebut menyatakan, pihaknya sudah ada pakta integritas saat Pemprov Riau melakukan rasionalisasi.

"Jadi pakta integritas itu menjadi tolok ukur (pembayaran single salary). Makanya ketika ada rasionalisasi pembayaran single salary dijustifikasi dengan pakta integritas kedua itu," katanya, Minggu (16/12/18).

Karena itu, pihaknya berusaha untuk merumuskan penerapan single salary tersebut sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. Bahkan saat ini sistem tersebut dalam proses validasi di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Hasil validasi itu nanti kita just lagi. Karena dulu itu diperintahkan agar single salary dilaksanakan dulu baru validasi berjalan," ujar Ahmad Hijazi.

Menurutnya belum lama ini kabupaten dan kota juga sudah dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempertanyakan sejauh mana rencana aksi single salarynya.

"Kawan-kawan kan beranggapan karena belum ada validasi dari Kemenpan-RB belum mereka mulai, tapi saran KPK kan jalankan dulu, nanti validasi sambil jalan. Jadi itu yang kita kerjakan sekarang," ujarnya. (sr5, in)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved