Senin, 28 November 2022  
Kamsol Mendukung
Desa Pulau Gadang Ikuti Lomba Apresiasi KIP Desa Mandiri Tingkat Nasional.

Advetorial Kampar - - Senin, 07/11/2022 - 21:50:15 WIB

KAMPAR,situsriau.com- Sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), perlu adanya keterbukaan Iminformasi publik melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sampai tingkat Desa. 

Dengan demikian, Desa Pulau Gadang yang dinilai Desa yang aktif dalam menjalankan sistem Informasi Keterbukaan Publik sesuai dengan Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Kampar serta meraih desa terbaik Mandiri se-Kabupaten Kampar. 

Maka Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar dipercaya ikut langsung ketingkat nasional dalam ajang tersebut. 

Demikian disampaikan Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol,MM dalam memberikan dukungan bersama yang dilaksanakan di Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar, senin (7/11/2022). 

Dr Kamsol pada kesempatan tersebut,  memberikan dukungan langsung dan apresiasi atas terpilih nya Desa Pulau Godang untuk mengikuti lomba Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa Mandiri Tingkat Nasional Tahun 2022 dengan status Desa Mandiri. 

Hal ini sejalan dengan Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Kampar dan meraih desa terbaik Mandiri se-Kabupaten Kampar. 

Terkait dalam keterbukaan informasi publik, Dr Kasmol minta kepada seluruh pejabat sampai masyarakat untuk selalu terbuka dalam hal apapun. Apabila kita tidak ternuka, oenag lain akan curiga dan kitapun akan selau berbohong untuk menutupi kebohongan awal. 

Dengan demikian, selalulah terbuka, jujur mulai dari atasan ke bawahan, apalagi kepada masyarakat sekalipun, juga sangat perlu agar selaluppll berpikir positif."pinta Kamsol". 

Semtara itu tim peninlai status Perkembagan Kemajuan dan Kemendirin Desa tingkat Provinsi Riau yang diwakili Sabiah, S.Sos, menjelaskan bahwa selain Desa Pulau Godang, Dua Desa turut ikut serta diantaranya Desa Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang dengan status Desa Maju dan Desa Tandan Sari Kecamatan Tapung Hilir dengan status Desa Berkembang. 

Untuk diketahui juga, Provinsi Riau saat ini memiliki sebanyak 1.591 Desa, dari jumlah tersebut terdapat sebanyak 159 Desa Mandiri, 520 Desa Maju, 801 Desa Berkembang, 87 Desa Tertinggal serta 24 Sangat Tertinggal. 

Sementara untuk kabupaten kampar sendiri dari sebanyak 242% Desa, terdapat sebanyak 84 Desa Maju, 109 Desa Berkembang, 12 Desa Tertinggal, serta sebanyak 14 Desa Mandiri. 

Sedangkan Kepala Desa Pulau Gadang Syofian,SH,MH berharap dari 93 peserta se- Indonesia, Pulau Gadang minimal masuk mimimal 10 besar dalam keterbukaan imfirmasi publik nasional. 

Dalam kesempatan tersebut, selain Pj Bupati Kampar hadir juga didampingi Komisi Informasi dari Provinsi Riau Asril Dasma, Kadis Kominfo kampar Yuricho Efril,S.STP, Kadis PMD Lukmansyah Badoe, Camat XIII Koto Kampar Zulfikar,M.Ag.(rls)


Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved