Selasa, 19 Oktober 2021  
Festival Mandi Safar Kembali Digelar, Bukti Pariwisata Riau Bangkit Lagi

Advetorial Bengkalis - - Kamis, 07/10/2021 - 10:20:37 WIB

BENGKALIS, situsriau.com-  Dunia Pariwisata mulai bangkit pasca penyebaran coid-19 berangsur melandai. Begtu juga dengan sejumlah agenda wisata di Riau, mulai digelar kembali. Salah satunya  Festival Mandi Safar di Pantai Lapin, Kecamatan Rupat utara, Kabupaten Bengkalis, Rabu (6/10/2021).

Festival Mandi Safar merupakan tradisi turun temurun yang dibudayakan masyarakat melayu khususnya daerah pesisir sejak lama. Tradisi Mandi Safar tahun ini ditandai doa bersama dilanjutkan tepuk tepung tawar oleh Bupati Bengkalis, Kasmarni, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat, Forkopimda Bengkalis, Camat Rupat utara, Agus Sofyan serta tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat  mewakili Gubernur mengatakan, Festival Mandi Safar sebagai upaya untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Kabupaten Bengkalis dan sebagai sarana meningkatkan kreativitas yang bernilai ekonomis.

"Tradisi mandi safar ini kedepannya dapat dijadikan salah satu event untuk menarik wisatawan ke Rupat utara. Khususnya wisatawan dari Malaysia karena memiliki kesamaan budaya dan jarak tempuh yang dekat," kata Roni.

Dikatakannya, Pulau Rupat Utara masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Untuk itu pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk menjadikan kawasan Rupat sebagai beranda pariwisata Indonesia.

"Menparekraf akan menjadikan Pulau Rupat utara sebagai beranda pariwisata Indonesia. Rencana ini sedang dibahas secara khusus untuk pengembangannya di tingkat nasional," ucap Roni.

"Pemerintah provinsi Riau juga telah menetapkan Pulau Rupat sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi dan menjadi fokus untuk pembangunan sektor pariwisata Riau kedepannya," tandas Roni.

Selain Mandi Safar, Pulau Rupat utara memiliki nilai sangat strategis, baik bagi Bengkalis maupun Riau. Memiliki pasir putih sepanjang 17 kilometer. Berhadapan ke Selat Malaka, dan berbatasan langsung dengan Port Dickson Malaysia.

Masih ada sejumlah objek wisata selain pantai lapin di pulau ini, diantaranya Pantai Pesona Teluk Rhu, Menara Mercusuar  dan Pulau Beting Aceh yang perawan nan berpasir putih. (sr3,ck)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved