Minggu, 19 Mei 2024  
Politik / Erick Thohir Dianggap Paling Cocok Dampingi Prabowo oleh Warga NU
Erick Thohir Dianggap Paling Cocok Dampingi Prabowo oleh Warga NU

Politik - - Selasa, 05/09/2023 - 21:39:52 WIB

JAKARTA,situsriau.com -Erick Thohir disebut-disebut menjadi kandidat paling ideal untuk mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang.


Erick dikenal sebagai tokoh kalangan Nahdlatul Ulama. Ia juga disebut-sebut berhasil memikat suara Nahdliyin di Jawa Timur.


Pengamat politik Universitas Brawijaya, Anang Sujoko menyebut Erick sudah menguasai suara Nahdliyin di Jawa Timur. Potensi ini bisa mengisi ruang kosong yang ditinggalkan oleh PKB setelah merapat ke kubu Anies Baswedan.


"Untuk bisa meraih Jatim yang potensial dengan mayoritas nahdliyin, ya Erick Thohir," kata Anang, Selasa (5/9/2023).


Meskipun ada sederet nama kandidat yang cukup kuat seperti Yusril Ihza Mahendra hingga Airlangga Hartarto, namun kekuatan elektoral di Jawa Timur yang dimiliki kandidat lain tak sekuat Erick.


Sosok Erick memang tak bisa terlepaskan dari kalangan NU. Salah satunya saat ia dipercaya menjadi Ketua Steering Committee panitia di Acara Peringatan Satu Abad NU di Sidoarjo pada Februari 2023 lalu.


Program Santripreneur yang dilahirkan oleh Erick juga telah sukses menarik hati kalangan santri.


"Paling kompetitif ya Erick Thohir. Modal sosial punya, modal logistik punya, modal elektabilitas, dan latar belakang yang mumpuni," ungkap Anang.


Sementara itu, merujuk pada hasil survei Surabaya Research Syndicate periode 2 sampai 11 Agustus 2023, nama Erick Thohir keluar sebagai kandidat cawapres paling potensial.


Suara yang diraihnya sebesar 20,3 persen mengalahkan Mahfud MD dengan raihan 14,6 persen dan Gibran Rakabuming Raka yang mendapat dukungan 13,2 persen.


Dalam catatan hasil survei Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023, Erick berada di posisi paling atas dengan skor 22,9 persen mengalahkan Sandiaga Uno.


Pengamat Politik Universitas Djuanda Gotfridus Goris Seran menyebut Erick bisa mendongkrak elektabilitas siapapun pasangan capresnya kelak.


Dalam temuan Lembaga Survei Indonesia, Erick Thohir juga gagah di posisi tertinggi dengan raihan elektabilitas 14,3 persen.


Tingginya modal elektoral tersebut membuat Erick patut diperhitungkan di bursa cawapres Pilpres 2024. Dimana, Erick Thohir diyakini dapat ikut mendongkrak elektabilitas siapapun sosok capres yang berpasangan dengannya.


"Ia mampu mendongkrak naik capres untuk memenangkan Pilpres 2024," ujarnya dikutip. (nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved