Minggu, 23 Juni 2024  
Politik / Akhir Masa Jabatan, Gubri Sampaikan Arahan Presiden untuk Pemilu 2024
Akhir Masa Jabatan, Gubri Sampaikan Arahan Presiden untuk Pemilu 2024

Politik - - Rabu, 18/10/2023 - 18:03:46 WIB

PEKANBARU,situsriau.com - Di akhir masa jabatan, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan arahan Presiden Republik Indonesia yang berkaitan tentang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.


Arahan Presiden tersebut disampaikan orang nomor satu di Riau itu saat memimpin rapat koordinasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (18/10/2023).


Adapun arahan presiden tersebut diantaranya yaitu, pertama meminta jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan seluruh kegiatan di semua tahapan memiliki pengaturan teknis dan koridor hukum yang jelas.


Arahan kedua, Presiden meminta jajaran KPU untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana logistik secara detail, efisien, dan transparan. Ketiga, Presiden menginstruksikan KPU untuk terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang dimiliki oleh sumber daya manusia (SDM) di setiap tingkatan.


Arahan keempat, Presiden meminta KPU untuk bekerja dengan efektif dan efisien, utamanya dalam mengelola anggaran pemilu. Kelima, Presiden menginstruksikan KPU untuk memperkuat pendidikan politik bagi para kontestan maupun masyarakat sekaligus melakukan pemilu damai, jujur dan berintegritas.


"Alhamdulillah di Riau sudah kita persiapkan termasuk dalam hal pengamanan yang dilakukan oleh Polda Riau dan unsur terkait," ujar Syamsuar.


Selain itu orang nomor satu di Riau ini berpesan agar mewaspadai isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan) yang pada akhirnya menodai pesta demokrasi di Negeri Melayu Bumi Lancang Kuning.


"Ini perlu kita kelola dengan baik, jangan sampai mengganggu keamanan yang ada diwilayah ini, termasuk konflik agama dan perbatasan," imbuhnya.


Ia juga berharap Pemilu serentak 2024 mendatang dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan. "Mudah-mudahan pemilu berjalan dalam keadaan damai,aman dan lancar sesuai dengan harapan kita bersama," pungkasnya. (mcr/sam/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved