Senin, 23/05/2022  
Ekeubis / Sektor UMKM adalah Solusi Untuk Menekan Laju Inflasi Daerah
Sektor UMKM adalah Solusi Untuk Menekan Laju Inflasi Daerah

Ekeubis - - Selasa, 21/06/2022 - 19:27:41 WIB

TERKAIT:
   
 

KAMPAR,situsriau.com - Untuk mengendalikan laju Inflasi Daerah adalah meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkatkan yang bermuara pada penekanan Inflasi.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Kampar Kamsol, saat  Rapat Acara High Level Meeting ( HLM ) dan Rapat Koordinasi Wilayah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Riau, Senin (20/6/2022).

“Untuk menekan Inflasi Daerah, sektor UMKM harus ditingkatkan, agar geliat perekonomian masyarakat berkembang. Kabupaten Kampar saat ini adalah salah satu Kabupaten/Kota yang memiliki potensi yang tinggi dengan dukungan alam dan kerja keras masyarakat Kabupaten Kampar,” ungkap Pj Bupati Kampar.

Lebih lanjut, Pj Bupati memaparkan dalam rangka peningkatan produksi pangan di kabupaten kampar, dalam waktu dekat pemda kampar akan melaksanakan launching penanaman beras khas kampar seluas 100 hektar dengan brand beras kampar “Cap Ulu Kasok”yang berlokasi di kecamatan bangkinang, dan akan terus ditingkatkan dengan target sampai 10 rice estate yang tersebar di wilayah kabupaten kampar dan juga akan membangun rice milling. 

“Saya juga meminta  masing masing perangkat daerah terkait agar pelaksanaan program/kegiatan tahun 2022 yang terkait dengan peningkatan produksi pangan, pertanian, perikanan serta kegiatan lainnya dalam rangka mendukung persediaan dan kelancaran distribusi kebutuhan pangan masyarakat agar dapat digesa sehingga dampak positifnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat,”terangnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Muhamad Nur mengatakan bahwa Inflasi ini sesungguhnya sangat berpengaruh sekali terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat kita, kalau ekonomi kita tumbuh misalnya 5% lalu inflasi kita 3% berarti kita melihat bahwa disitu ada margin 2%, jadi tingkat pendapatan kita lebih tinggi 2%, otomatis inflasi ini penting yang harus kita jaga, tentu ditetapkan oleh pemerintah tahun 2022 ini inflasi kita boleh naik dari 2% sampai dengan 4% jadi ini yang harus kita jaga untuk kesejahteraan masyarakat. 

“Dibulan mei 2022 ini diriau inflasi nya 1 Bulan saja itu sudah mencapai 0.8%, kalau kita hitung 1 Tahun di bandingkan mei sebelumnya karna inflasi kita lihat jangka untuk 1 Tahun itu inflasi sekarang sudah 4,51% padahal kita lihat targetnya 3+/- 1%. baru masih belan mei, belum nanti sampai desember jadi kita masih ada 7 Bulan lagi dan khusus nya besok bulan juli kita ada hari raya idhul adha Jadi ini akan ada pengaruh terhadap harga tertentu,” ungkap Muhammad Nur

“Oleh karena itu, Pemerintah Pusat/maupun Provinsi mendorong anggota TPID khususnya OPD untuk memperkuat dan mengoptimalkan strategi pengendalian inflasi melalui sinergi dan inovasi pada pilar 4K TPID, yaitu Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif,” tutup Muhammad Nur. (mcr/msa/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved