Senin, 23/05/2022  
Ekeubis / Pemprov Riau Terus Berupaya Tingkatkan Produksi Pangan Beraneka Ragam
Pemprov Riau Terus Berupaya Tingkatkan Produksi Pangan Beraneka Ragam

Ekeubis - - Selasa, 13/09/2022 - 14:59:36 WIB
Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Riau, Syahfalefi.
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU,situsriau.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan terus menerus berupaya meningkatkan produksi pangan yang beraneka ragam, mewujudkan tingkat kecukupan pangan masyarakat serta meningkatkan nilai tambah dan daya saing komoditas pangan di Provinsi Riau. 

"Diharapkan dapat menembus pasar lokal maupun nasional," kata Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura  (PTPH) Provinsi Riau, Syahfalefi saat membuka acara Festival Pangan Lokal dan Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022 di Halaman Gedung Dharma Wanita, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Selasa (13/9/2022). 

Syahfalefi mengatakan bahwa sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, menekankan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia paling utama dan pemenuhan pangan merupakan hal asasi setiap masyarakat. 

"Upaya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat perlu dicari solusinya," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Syahfalefi mengatakan bahwa penganekaragaman konsumsi pangan merupakan upaya untuk mewujudkan pola konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)dalam jumlah dan komposisi yang cukup guna memenuhi kebutuhan gizi. 

"Untuk pemenuhan kebutuhan gizi dengan mengonsumsi makanan B2SA akan dapat memperbaiki status gizi ibu hamil dengan lebih baik, mendukung hidup sehat, aktif dan produktif sekaligus dapat memanfaatkan kekayaan alam dengan bijak," jelasnya. 

Selain itu, dijelaskannya bahwa indikator untuk mengukur tingkat keanekaragaman dan keseimbangan konsumsi pangan masyarakat yaitu dengan skor Pola Pangan Harapan (PPH) yang ditunjukkan dengan nilai 95 dan diharapkan dapat dicapai pada tahun 2024.

Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik, skor PPH Provinsi Riau tahun 2021 mencapai  84,1 dan angka ini masih dibawah angka rata-rata skor PPH Indonesia sebesar 86,3.

"Skor PPH Provinsi Riau berada pada urutan  14 dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, sedangkan target Provinsi Riau sampai tahun 2024 sebesar 95," sebut Syahfalefi. 

Untuk mencapai target tersebut, Kepala Dinas PTPH Provinsi Riau mengatakan perlu kerja keras dari semua pihak baik dari pemerintah maupun masyarakat. 

Hal ini penting, lanjutnya karena telah diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012  tentang Pangan dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi. 

Kemudian, untuk mencapai target tersebut dilakukan upaya gerakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan yang diatur melalui Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2009 tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal. (mcr/aaa/nb).

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved