Senin, 23/05/2022  
Ekeubis / Rakernas Akuntansi 2022 Diharapkan Jadi Energi Pemerintah Daerah Tingkatkan Kinerja
Rakernas Akuntansi 2022 Diharapkan Jadi Energi Pemerintah Daerah Tingkatkan Kinerja

Ekeubis - - Kamis, 22/09/2022 - 22:20:36 WIB

TERKAIT:
   
 

JAKARTA,situsriau.com  - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI mengadakan rapat kerja nasional (Rakernas) akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2022 yang diikuti oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah, yang berlangsung secara online melalui zoom meeting dan secara offline di Ballroom Dhanapala Kemenkeu, Kamis (22/9/22).

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI Hadiyanto menyampaikan bahwa Rakernas akuntansi merupakan agenda tahunan Kemenkeu yang menjadi ajang bergengsi bagi para pengelola keuangan negara.

Hadiyanto mengungkapkan, untuk tema Rakernas tahun 2022 ini adalah mengawal akuntabilitas keuangan dan kinerja untuk pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. Dengan harapan tema tersebut mampu menjadi energi bagi seluruh pengelola keuangan maupun pengelola kinerja baik di pemerintahan pusat maupun daerah dalam meningkatkan kinerja dan akuntansi keuangan secara simultan.

"Kemenkeu senantiasa berusaha menjaga dan meningkatkan esensi serta kualitas penyelenggaraan Rakernas akuntansi dari tahun ke tahun, antara lain mengangkat tema aspek akuntabilitas kinerja," ujarnya.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI melanjutkan, Rakernas akuntansi tahun 2022 ini bertujuan untuk memberikan apresiasi atas raih Opini WTP dari BPK kepada Kementerian Keuangan, lembaga dan pemerintah daerah.

Kemudian sebutnya, tujuan selanjutnya adalah mewujudkan penguatan kualitas dan akuntabilitas keuangan dan kinerja pemerintah, meningkatkan awareness dan komitmen, menjaga komitmen serta kesamaan langkah dalam percepatan pemulihan dan kebangkitan ekonomi nasional.

"Sebagai suatu rangkaian kegiatan, Rakernas akuntansi telah kami mulai sejak 22 Agustus 2022," ungkapnya.

Ia menambah, adapun beberapa kegiatan yang telah diselenggarakan adalah dengan melaksanakan kegiatan terkait dengan lomba secara online. Meliputi lomba cerdas cermat lomba, komik digital, lomba story telling, lomba penulisan artikel dan lomba infografis.

Selanjutnya, webinar generasi juara peduli akuntabilitas keuangan negara yang diselenggarakan pada 19 September 2022, serta layanan konsultasi online coaching clinic selama dua hari pada tanggal 20 dan 21 September 2022.

"Puncak acara dilaksanakan secara hybrid yang hadir secara fisik dan mengikuti secara daring. Dapat Kami laporkan bahwa untuk acara puncak hari ini terdiri dari dua agenda, pertama penyerahan penghargaan kepada kementerian lembaga dan pemerintah daerah dengan opini wajar tanpa pengecualian untuk kategori 15 kali WTP 10 kali WTP 5 kali WTP dan WTP atas laporan keuangan tahun 2021 secara simbolis Menteri Keuangan kemudian terakhir ada talkshow," tutupnya. (mcr/ip/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved