Kamis, 25 Juli 2024  
Hukrim / Berminat Jadi CPNS? Ini Dia Formasi Yang Diprioritaskan
Berminat Jadi CPNS? Ini Dia Formasi Yang Diprioritaskan

Hukrim - - Selasa, 02/05/2023 - 17:57:40 WIB

JAKARTA, PARASRIAU.COM - Dikabarkan bahwa rekrutmen CPNS 2023 akan dibuka lebih cepat sekira bulan Juni mendatang atau paling lambat pada awal Juli 2023 mendatang.


Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB, Alex Denni baru-baru ini mengungkapkan, bagi masyarakat yang ingin mendaftar, bisa mengikuti informasinya melalui situs Kemenpan RB ataupun Badan Kepegawaian Negara (BKN).


Pada seleksi CPNS 2023 juga dikabarkan PPPK diperbolehkan untuk mengikuti seleksi, tentunya dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Adapun saat ini, seleksi CPNS 2023 akan memprioritaskan tenaga honorer.


Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2005 tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi calon pegawai negeri sipil, ada beberapa tenaga honorer yang diprioritaskan.


Berikut tenaga honorer yang menjadi prioritas tersebut, diantaranya guru, tenaga kesehatan pada unit pelayanan kesehatan, tenaga penyuluh di bidang pertanian, perikanan, peternakan serta tenaga teknis yang sangat dibutuhkan pemerintah.


Sementara itu, pengangkatan tenaga honorer juga berprinsip memprioritaskan pegawai yang berusia paling tinggi dan masa kerja paling banyak.


Pemerintah Lebih Fokus pada 3 Bidang


Untuk diketahui, dalam proses seleksi kali ini akan lebih ketat dari tahun sebelumnya, sehingga anda semua yang ingin melamar untuk mengikuti seleksi tersebut perlu mempersiapkan diri dari sekarang.


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengatakan, seleksi CASN tahun ini melingkupi, seleksi CPNS secara selektif dan terbatas serta PPPK.


Sementara dalam formasi, Anas menjelaskan bahwa pemerintah masih fokus dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan dan pendidikan.


Menurutnya, pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Sedangkan formasi yang akan dibuka adalah hakim, jaksa, dosen serta tenaga teknis tertentu lainnya.


Jangan khwatir, ada 3 bidang yang yang bisa diikuti pelamar umum saat pengadaan seleksi CPNS 2023. Bagi pelamar CPNS 2023 nantinya akan mengikuti beberapa tahapan seleksi sebagai berikut:


1.Seleksi administrasi

2. Seleksi kompetensi dasar (SKD) yang terbagi atas 3 tes yaitu:

• Tes wawasan kebangsaan (TWK)

• Tes intelegensi umum (TIU)

• Tes karakeristik pribadi (TKP)


3. Seleksi kompetensi bidang (SKB)


Data yang dikutip dari sejumlah sumber itu menginformasikan bahwa jumlah kebutuhan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 sebagai berikut.


1. Kebutuhan CASN Pusat.

- CPNS berjumlah 24.429 ( bidang kehakiman, bidang kejaksaan, bidang intelijen)

- PPPK berjumlah 56.450


2. Kebutuhan CASN Daerah.

- PPPK tenaga guru berjumlah 580.202

- PPPK tenaga kesehatan berjumlah 327.542

- PPPK tenaga teknis berjumlah 35.629


3. Sekolah Kedinasan


Jumlah yang dibutuhkan 6.259


Sedangkan total kebutuhan CASN 2023 keseluruhan jumlahnya sampai satu juta. Demikian informasi ini disampaikan, semoga menjadi angin segar dan semangat baru bagi anda semua untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi CPNS 2023 mendatang. (pr2/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved