Minggu, 23 Juni 2024  
Hukrim / KPU Riau Targetkan Partisipasi Pemilih Terhadap Pilkada 2024 Meningkat
KPU Riau Targetkan Partisipasi Pemilih Terhadap Pilkada 2024 Meningkat

Hukrim - - Selasa, 21/05/2024 - 15:23:34 WIB

PEKANBARU,situsriau.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menargetkan peningkatan partisipasi pemilih dalam Pilkada tahun ini. Tak tanggung-tanggung, Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan, berupaya meningkatkan target partisipasi hingga 80 persen.


Hal tersebut disampaikannya saat memberikan kata sambutan pada peluncuran tahapan dan jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Halaman Anjungan Seni Idrus Tintin, Kota Pekanbaru, Senin (20/05) malam.


“Tentu kita ingin bahwa partisipasi pemilih lebih meningkat dari Pilkada 2018 yang tercatat 59 persen. Kita menargetkan Pilkada tahun ini partisipasinya mencapai 80 persen,” katanya.


Dijelaskan, pihaknya saat ini telah berupaya untuk meningkatkan kesadaran demokrasi bagi masyarakat di daerah jelang proses Pilkada. Ia menambahkan, sosialisasi terus digencarkan agar pelaksanaan pemilihan dapat lebih baik dari sebelumnya.


“Saya percaya dengan pengalaman kita melaksanakan baik pemilihan Presiden maupun pemilihan legislatif yang sudah kita laksanakan secara sukses pada 14 Februari tahun 2024 yang lalu, kita memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup untuk mempersiapkan dan melaksanakan tahapan pemilihan Gubernur tahun 2024 ini jauh lebih baik dibanding dengan pelaksanaan Pilkada sebelumnya,” jelasnya.


Lebih lanjut, ia ungkapkan tentu diperlukan sinergitas dan tanggung jawab bersama untuk menyukseskan Pilkada di provinsi Riau. Dengan begitu, dirinya mengajak setiap pemangku kepentingan dan elemen masyarakat bisa saling mendukung menyukseskan pemilihan kepala daerah.


“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam mendukung pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2024, ini kami sangat menyadari betul bahwa suksesnya pelaksanaan pemilihan ini harus kita dukung bersama dan bahu-membahu sesuai dengan kewenangan kita masing-masing,” ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI, Mochammad Afifuddin berharap agar pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Riau dapat berjalan lancar dan sukses. Dengan cita-cita yaitu terpilihnya pemimpin berkualitas untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat.


“Kita berharap semua proses pilkada nanti berjalan sukses, 27 November bisa berjalan lancar dan pada akhirnya kita punya pemimpin yang berkualitas bisa mensejahterakan kita semua," harapnya. (nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved