Kamis, 25 April 2024  
Iptek / Sempena HUT ke-65 Provinsi Riau, BPS Riau Gelar Sensus Pertanian 2023
Sempena HUT ke-65 Provinsi Riau, BPS Riau Gelar Sensus Pertanian 2023

Iptek - - Selasa, 02/08/2022 - 17:07:34 WIB

PEKANBARU,situsriau.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau menyelenggarakan seminar nasional Sensus Pertanian 2023 (ST2023) dengan tema "Kita Sukseskan Sensus Pertanian 2023 Melalui Pembangunan Statistik Sektoral untuk Menuju Riau Unggul", bertempat di Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (2/8/2022).

Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang peranannya sangat penting dalam rangka pembangunan ekonomi, baik jangka menenengah, jangka panjang, maupun dalam rangka pemulihan ekonomi bangsa.

Sensus Pertanian 2023 yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali ini bertujuan untuk mendapatkan data pertanian nasional yang lengkap dan akurat.

Kepala BPS Provinsi Riau, Misfaruddin mengatakan saat ini BPS sedang mempersiapkan agenda besar yaitu Sensus Pertanian yang akan dilaksanakan pada 2023 mendatang, yang bertujuan menjalin koordinasi dan komunikasi dalam membangun statistik sektoral untuk mewujudkan Provinsi Riau unggul.

"BPS sebagai instansi vertikal memiliki visi Penyedia Data Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju," jelas Misfaruddin.

Untuk kesuksesan ST2023, Misfaruddin menyebut partisipasi dan dukungan semua pihak sangat diharapkan, baik pemerintah daerah (Pemda), asosiasi pertanian, akademisi, hingga pengusaha pertanian atau perkebunan.

"BPS berkomitmen untuk mendukung pembanguan di Provinsi Riau, berusaha sekuat tenaga untuk terus menyediakan data yang akurat, berkualitas, yang dibutuhkan dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan," imbuh Misfaruddin.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto mengapresiasi BPS Provinsi Riau karena telah beinisiatif menyelenggarakan seminar nasional dalam rangka memeriahkan HUT ke-65 Provinsi Riau.

Ketersediaan data dan informasi yang akurat, SF Hariyanto menyebut akan memberikan dasar yang kuat bagi pemerintah untuk merumuskan kebijakan dalam melakukan pembangunan.

SF Hariyanto mengajak seluruh elemen masyarakat mendukung ST2023, karena menurutnya Sensus Pertanian memiliki peranan yang penting bagi sektor perekonomian Provinsi Riau.

"Betapa pentingnya data pertanian ini, karena sektor pertanian merupakan sektor strategis dan pilar negara, oleh karenanya mari kita support kelancaran ST2023," jelas SF Hariyanto. (mcr/nv/nb).

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved