Kamis, 13 Juni 2024  
Iptek / KPK Roadshow ke Riau, Pemprov Lakukan Persiapan
KPK Roadshow ke Riau, Pemprov Lakukan Persiapan

Iptek - - Jumat, 08/09/2023 - 16:50:57 WIB

PEKANBARU,situsriau.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan Roadshow menggunakan bus. Sebelumnya kegiatan ini telah dilaksanakan di Bengkulu dan Jambi.


Agenda kegiatan Roadshow Bus ini berupa sosialisasi anti korupsi, nonton bareng film anti korupsi, dan pameran layanan publik dan UMKM. Guna mendukung kegiatan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar Rakor di Ruang Melati Kantor Gubernur Riau, Jumat (8/9/2023).


Rapat Koordinasi tersebut dipimpin secara langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto. Tampak hadir pula, Inspektur Provinsi Riau, Sigit Juli Hendriawan seluruh sekda kabupaten/kota dan perwakilan Forkopimda serta kepala OPD di lingkup Pemprov Riau.


Sekdaprov Riau SF Hariyanto mengatakan, bahwa Roadshow Bus KPK ini adalah satu di antara kegiatan dari KPK dalam rangka sosialisasi pencegahan korupsi. Sasarannya adalah seluruh lapisan masyarakat. 


"Sebelumnya juga sudah dilaksanakan di Bengkulu, Jambi dan akan dilaksanakan di Riau. Kemudian, juga akan dilaksanakan di Sumbar," kata Anto.


Untuk diketahui, direncanakan bus tersebut akan sampai di Pematang Reba Kabupaten Indragiri Hulu pada 18 September 2023. Lalu, keesokan harinya dilanjutkan menuju Kabupaten Pelalawan dan akan sampai di Kota Pekanbaru pada 20 September 2023.


"Tim KPK akan memulai perjalanan dari jalan Lintas Timur yaitu di Selensen, di mana mereka dijemput oleh Pemkab Inhil. Kemudian, di Pematang Reba, dijemput oleh Pemkab Inhu dan di Pelalawan akan melakukan sosialisasi. Lalu, saat ke Pekanbaru, Pemkot Pekanbaru akan menjemput mereka di Pelalawan. Kegiatannya akan dipusatkan di Kantor Gubernur Riau," ujarnya.


Sementara untuk puncak acara kegiatan akan dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Riau pada 24-27 September 2023 yang akan diisi dengan berbagai kegiatan.


"Kegiatan ini untuk sosialisasi pencegahan korupsi dari tingkat pimpinan, mulai dari Gubernur, Wakil Gubernur para sekda, kepala dinas, guru, dosen dan mahasiswa hingga ke paud nantinya," sebut Anto.


Selain kegiatan sosialisasi pencegahan korupsi, tim lembaga anti rasuah itu, juga akan menggelar sejumlah rangkaian kegiatan. Adapun agendanya adalah senam massal, pameran pelayanan publik, dan bazar UMKM.


Selain itu Tim KPK akan memberikan edukasi dan sosialisasi anti korupsi kepada para pelajar, talkshow, penampilan musik, workshop parenting, perlombaan, dan nonton bareng bersama masyarakat.


Anto berharap dengan kegiatan Roadshow KPK yang akan dilaksanakan pada penghujung bulan September ini, bisa membuat masyarakat paham seperti apa pencegahan korupsi dan sebagainya.


"Nanti ini juga kan ada anak PAUD dan bakal ada sosialisasi kepada anak SD, SMP, SMA bahkan juga ada kuliah umum untuk mahasiswa kita di Riau ini. Tentunya kita berharap mereka sedari dini sudah anti dengan namanya korupsi dan mengerti dengan anti budaya korupsi itu," harap Anto. (mcr/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved