Jum'at, 01 Maret 2024  
Iptek / Peringatan HGN 2023 di Provinsi Riau Berlangsung Meriah
Peringatan HGN 2023 di Provinsi Riau Berlangsung Meriah

Iptek - - Sabtu, 25/11/2023 - 16:20:40 WIB

PEKANBARU,situsriau.com - Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Riau menggelar peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023 di Pekanbaru, pada Sabtu (25/11/2023) sore berlangsung sangat meriah. Pantauan Media Center Riau, peringatan HGN ini disambut antusias oleh ribuan guru dari berbagai daerah yang memadati ruang tersebut.


Peringatan HGN di Provinsi Riau dibuka Kadis Pendidikan Provinsi Riau Kamsol. Tema HGN tahun 2023 ini adalah “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”.


Mengawali sambutan, Kamsol mengucapkan selamat Hari Guru kepada seluruh Guru yang ada di Indonesia atas dedikasinya membangun dan membentuk generasi.


"Selamat Hari Guru, tetap semangat untuk peningkatan kualitas pendidikan yang lebih baik. Mari belajar, berbagi dan berkolaborasi untuk memajukan pendidikan di tingkat provinsi maupun nasional," ucap Kamsol.


"Sejalan dengan tema, kita memiliki satu tujuan dalam peringatan HGN ini yaitu untuk memberikan penghormatan dan apresiasi kepada guru atas dedikasi mereka dalam pembelajaran kepada peserta didik, khususnya Ibu dan Bapak Guru yang berada di Provinsi Riau," tambahnya.


Ia menjelaskan, pendidikan merupakan salah satu hak warga negara. Oleh karenanya, negara harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu pendidikan, dan relevansi pendidikan dalam menghadapi tantangan, sesuai dengan perkembangan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global.


Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dengan ini telah menerbitkan Peraturan Gubernur Wajib Belajar 12 Tahun di Provinsi Riau, agar tidak ada anak di Riau yang berusia 12-18 tahun yang tidak mengikuti program wajib belajar 12 tahun.


"Untuk meningkatkan kualitas guru mulai tahun 2019 hingga tahun 2023 Pemprov Riau telah meningkatkan kompetensi lebih dari 2.800 guru. Selain Diklat, Pemprov Riau juga terus meningkatkan kualifikasi Guru dengan beasiswa S2 dan S3 setiap tahunnya," jelas Kamsol.


"Terkait pemenuhan tenaga Guru untuk tahun 2022, telah ditetapkan sebanyak 7.297 formasi. Namun, saat ini baru diberi kesempatan sebanyak 5.851 orang oleh Menpan-RB dan tahun 2023 telah ditetapkan 3.302 formasi, agar kebutuhan guru di satuan pendidikan dapat terpenuhi," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua BGP Riau Reisky Bestari mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada guru di Riau atas dedikasi dan upaya yang diberikan untuk mencerdaskan anak bangsa. "Terimakasih telah mendidik anak bangsa sehingga menjadi anak yang cerdas," ucap Reisky.


Ia menjelaskan, rangkaian puncak HGN ini juga melalui seleksi guru-guru inovatif, dedikatif, dan inspiratif. Pihaknya, beberapa waktu yang lalu, mengirimkan perwakilan guru ke pusat untuk bersaing dengan guru penggerak lainnya.


"Alhamdulillah dari 22 kategori, guru inovatif dan dedikatif yang kita kirim perwakilannya ke tingkat nasional, Riau mendapat 5 terbaik dengan total 7 orang," ungkapnya.


7 orang Guru Penggerak yang mendapatkan penghargaan tersebut ialah, Dina Asih GTK Inovatif Guru SD Kota Dumai, Nike Wahyuni GTK Inovatif Guru Pembimbing Khusus dari Kota Pekanbaru, Zeni GTK Pengawas Sekolah, Fadilah Ramadhani GTK Inovatif Tenaga Pustakaan Sekolah dari Kota Pekanbaru.


Lalu, Yanti Desrita GTK Inspiratif Kepala SMA dari Kabupaten Kampar, Marlisa Dewa GTK Dedikatif Guru SMP dari Kepulauan Meranti, Zulkarnain Silalahi GTK Inspiratif Guru Pendidikan Dasar dari Kabupaten Rohil. "Ada 7 orang dan alhamdulillah mereka akan menerima penghargaan tersebut di Gelora Bung Karno," katanya. (nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved