Kamis, 28 Maret 2024  
Kesehatan / Gubri Syamsuar Lepas Mobil Siaga Penanganan Wabah PMK di Provinsi Riau
Gubri Syamsuar Lepas Mobil Siaga Penanganan Wabah PMK di Provinsi Riau

Kesehatan - - Senin, 27/06/2022 - 12:33:31 WIB

PEKANBARU,situsriau.com - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar melepas mobil siaga penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Mobil ini untuk mendistribusikan vaksin sekaligus obat-obatan bagi hewan seperti sapi, kerbau dan kambing yang terdampak wabah PMK ataupun hewan yang sehat pendistribusian disebarkan di kabupaten dan kota se Provinsi Riau.

"Hari ini kita melepas mobil pendistribusian vaksin  untuk sapi, kerbau, kambing, ini semua dalam rangka unutk mengatasi penularan PMK yang ada di Riau ini," kata Gubri saat di wawancarai, di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Senin (27/6/2022).

Untuk diketahui bahwa, jumlah vaksin yang diterima oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berjumlah 7.400 yang dibagikan secara bertahap yaitu 3.400 dosis dan pada hari ini  berjumlah 4.000 dosis vaksin.

Gubri Syamsuar menerangkan bahwa, vaksin ini tidak hanya diberikan kepada daerah - daerah terjangkit  wabah PMK, namun juga kepada kabupaten kota yang lain, agar  tidak ada peningkatan lagi di masa yang akan datang.

"Dan pelaksanaan vaksin ini juga tidak kepada sapi yang kena tapi sapi yang belum kena wabah PMK ini," ujarnya.

Untuk itu, ia berharap pelaksanaan vaksinasi kepada hewan sapi, kerbau dan kambing ini dapat segera dilakukan secepatnya, sehingga kebutuhan akan vaksin ini bisa segera untuk disampaikan kepada pihak kementerian.

"Segera laksanakan vaksinasi ini secepatnya agar kita bisa minta lagi kepada Pak menteri dan diharapkan lebih banyak lagi vaksinasi kita laksanakan, lebih baik," lanjutnya.

Pelaksanaan vaksinasi ini, ungkapnya, dalam rangka untuk mengatasi penularan  wabah PMK agar tidak meluas.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat Riau terutama dalam rangka melaksanakan ibadah kurban, pada saat membeli sapi atau hewan kurban lainnya untuk dilakukan pemeriksaan kesehatannya.

"Pesan kami kepada masyarakat Riau yang akan melaksanakan ibadah kurban untuk.memeriksa hewan kurban yang akan dibeli," ungkapnya. (mcr/dw/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved