Senin, 23/05/2022  
Kesehatan / RSUD Raja Ahmad Kepri Belajar Layanan Kanker ke RSUD AA
RSUD Raja Ahmad Kepri Belajar Layanan Kanker ke RSUD AA

Kesehatan - - Jumat, 29/07/2022 - 00:52:46 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Direktur dan manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Tabib (RAT) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), melakukan studi banding (Stuban) ke RSUD Arifin Achmad (AA) Provinsi Riau, Kamis (28/7/2022). Studi banding tersebut untuk mempelajar pelayanan kanker terpadu di RSUD AA dan RSUD AA yang sudah menjadi UPT khusus.

Direkrut RSUD AA, drg Wan Fajriatul mengatakan RSUD RAT adalah salah satu rumah sakit yang berada dekat dengan negara tetangga. Untuk itu RSUD RAT harus melakukan pengembangan layanan, salah satunya yakni mengenai kanker terpadu. 

"Karena itu mereka studi banding ke RSUD AA, karena kita sudah memiliki layanan kanker terpadu dengan radioterapi. Pihak RSUD RAT juga ingin mengembangkan layanan serupa," katanya.

Dijelaskan drg Wan Fajriatul, untuk mengembangkan layanan radioterapi, dimana yang paling utama adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Karena hingga saat ini, di RSUD RAT belum memiliki SDM yakni dokter spesialis radio onkologi. 

"Untuk di RSUD AA saat ini sudah memiliki dokter spesialis radio onkologi, kemudian empat psikiwan medis yang sudah sangat berpengalaman dibidangnya masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, untuk pengelolaan RSUD sebagai UPT khusus itu sesuai dengan PP 72 tahun 2010 dan Permendagri 12 tahun 2017 yang mengatur bahwa RSUD merupakan UPT khusus. Sementara itu, RSUD RAT masih merupakan UPTD sehingga perlu segera diubah.

"Dibentuk UPT khusus karena sudah diatur pada pasal 14 Permendagri tahun 12 tahun 2017, disitu dibunyikan bahwa rumah sakit daerah provinsi dipimpin oleh seorang direktur yang diangkat dari pejabat fungsional dokter atau dokter gigi yang diberi tugas tambahan. Kemudian juga ada beberapa kekhususan lainnya," sebutnya. (mcr/ms/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved