Kamis, 25 Juli 2024  
Kesehatan / SMPN 39 Pekanbaru Gelar Sosialiasi Sekolah Sehat dan AKSI Bergizi 2023
SMPN 39 Pekanbaru Gelar Sosialiasi Sekolah Sehat dan AKSI Bergizi 2023

Kesehatan - - Senin, 18/09/2023 - 13:30:12 WIB

PEKANBARU,situsriau.com – Kepala Puskesmas (Kapus) Tenayan Raya  Pekanbaru,  Nel Afni mengapresiasi  Riau Care Center (RCC) yang kembali menggelar  “Aksi Sekolah Sehat dan Bergizi di SMPN 39 Pekanbaru, Senin  (18/9/2023).


"Kegiatan seperti ini sangat bagus serta membuat semua pihak terlibat untuk bertanggung jawab dalam peningkatan kualitas kesehatan di Kota Pekanbaru, ujar Kasus Tenayan Raya Nel Afni.


Kemudian ia juga menjelaskan bahwa, SMPN 39 Pekanbaru sudah memiliki UKS dan sudah menerapkan Trias UKS (Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah  Sehat) Puskesmas Tenayan Raya telah membina SMPN 39 Pekanbaru selanjutnya respon dari sekolah sangat bagus sehingga sekolah ini bisa mendapatkan penghargaan dari Gunernur Riau.


“Saya mengingatkan untuk remaja putri agar rutin sesuai jadwal mengkomsumsi TTD (Tablet Tambah Darah) dan memeriksakan kesehatan secara berkala dan Setiap pagi sebelum berangkat kesekolah harus sarapan terlebih dahulu. dengan harapan kedepan seluruh murid bisa menjadi Duta Kesehatan Keluarga, duta kesehatan sekolah,"tuturnya.


Sementara itu Panitia RCC Rachmad Jajuli mengatakan,hal yg terpenting adalah memulai denga anak mempunyai jadwal harian aktivitas mereka dari bangun tidur sampai tidur lagi, sehingga orang tua dan guru lebih mudah mengawasi. SMPN 39 Pekanbaru mulai bulan depan diterapkan itu termasuk juga membiasakan anak tidur sebelum jam 10 malam, sarapan sebelum aktifitas dan orang tua tidak merokok.


"Kegiatan ini akan dievaluasi oleh puskesmas, guru dan pihak lain setiap bulan. Dengan hal ini diharapkan mengurangi anak yg sakit sehingga diharapkan bisa meningkatkan prestasinya dan menuju sekolah bugar, sehat rohani, bebas penyakit TB, kecacingan, anemia dan terkontrol penyakit tidak menular bagi guru, tenaga sekolah siswa dan keluarga,"ujarnya.


Dilain Pihak Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Riau, Erisman Yahya mengajak semua kalangan mengikuti semua program RCC yang

mengkampanyekan informasi berkelanjutan, seperti informasi isi piringku.


“Isi Piringku merupakan program bagi masyarakat dalam memahami bagaimana porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi, Isi Piringku adalah pengganti konsep 4 Sehat 5 Sempurna. Konsep lama tersebut kini tidak lagi  mengakomodasi pemenuhan gizi seimbang. Selain menerapkan Isi Piringku, kami juga mengajak masyarakat untuk mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak,”ujarnya.


Kami mengharapkan para remaja juga dapat menjadi agen komunikasi dalam mensosialisasikan dan mengkomunikasikan mengenai pencegahan stunting kepada teman - teman sebaya mereka, baik melalui tatap muka maupun melalui sosial media.


Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin  dimana ia mendukung kegiatan  menarik RCC yang terus ada membantu program program pemerintah khusunya  dalam rangka capaian Riau Sehat


Terakhir, Kepala Sekolah SMPN 39 Pekanbaru, Desmawati menguraikan, Kegiatan Ini di taja  sebagai Implementasi Merdekat Belajar dan sejalan dengan Implementasi Sekolah  Sehat dimana SMPN 39 Pekanbaru sebelumnya menjuarai Kegiatan Lomba Sekolah Sehat Aksi Bergizi yang di taja oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau di semarak HUT Riau dan HUT RI Tahun 2023, kegiatan mengundang Narasumber dr.  Jufriman, Lurah Pembatuan Raja Faisal Febnaldi, S.Sos., M.IP, Komite Sekolah Ali  Imran tanjung SH, dan Kominfo Riau, peserta dari Seluruh Siswa Kelas VII sd Kelas  IX dan para orang tua siswa, juga menampilkan kesenian. (mcr/mlb/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved