Senin, 01/05/2023  
LifeStyle / Budidaya Klengkeng Mandiri, Wagub Riau Contohkan Pemanfaatan Lahan Kosong
Budidaya Klengkeng Mandiri, Wagub Riau Contohkan Pemanfaatan Lahan Kosong

LifeStyle - - Selasa, 05/09/2023 - 19:36:15 WIB

PEKANBARU,situsriau.com  - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution melakukan panen buah klengkeng yang ditanam di kebun pribadinya. Kebun klengkeng itu ditanam di lahan 2.000 meter dan terdapat 50 pohon klengkeng


"Hari ini saya panen kembali klengkeng jenis itoh yang saya tanam sebanyak 50 pohon di lahan 2.000 meter. Kelengkeng ini ditanam pada 30 November 2021," ucap Wagubri, di Taman Gembira Durilengkeng, Selasa (5/9/2023).


"Jadi pohon ini ditanam saat covid, saat itu keluar kebijakan dari pusat orang yang usianya rentan yaitu diatas 55 tahun disarankan bekerja dari rumah. Saya tidak ingin tidak produktif selama covid, maka saya manfaatkan lahan 2.000 meter ini dan di tanggal 30 November mulai menanam," imbuhnya.


Mantan Danrem 031/WB itu sampaikan,  pada 25 Maret 2023 dilakukan booster terhadap pohon klengkeng agar dapat berbuah. Lalu, sebutnya, satu bulan setelah di booster mula tumbuh bunga.


"Sejak dibooster hingga hari ini, usianya 160 hari, kurang lebih 5 bulan, dan hari ini kita panen. Jadi jika kita ingin melalakukannya, dilahan yang terbatas 2.000 meter saja bisa menanam 50 pohon, dan ini pertama buahnya memang belum terlalu banyak, tetapi nanti kalau dia berhasil dengan pertumbuhan yang maksimal, dari satu pohon ini dapat menghasilkan 50 kilogram klengkeng," jelasnya.


"Bayangkan 50 kg satu pohon, maka seluruhnya dari 50 pohon ini bisa 2,5 ton. Dalam 2 tahun tiga kali panen, dengan 2,5 ton tinggal dihitung saja berapa uang yang bisa didapat," lanjutnya.


Melalui momen dan hasil tersebut, Wagubri ingin membakar semangat para anak muda serta para masyarakat secara umum untuk dapat memaksimalkan lahan kosong yang mereka miliki.


"Jadi sebenarnya saya ingin merangsang anak-anak muda kita, manfaatkanlah lahan. Kebetulan saat ini saya bersama penggiat di bidang pertanian, sekretaris dinas pertanian Provinsi Riau, saya bawa juga ibu [istri] disini, kita lihat bersama jadi kita lakukan panen dan mudah-mudahan dapat menginspirasi masyarakat," tuturnya.


"Maka maanfaatlanlah lahan terbatas, tidak hanya klengkeng, di samping lahan ini saya juga menanam 53 pohon durian, dengan 11 varietas. Saya kira ini yang perlu difikirkan bersama bagaimana Riau ini berkembang dengan berbagai pertanian yang kita miliki," tandasnya. (mcr/alw/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved