Kamis, 25 Juli 2024  
LifeStyle / Syamsuar Dikukuhkan Sebagai Pemegang Malewa Gala Kehormatan Adat Minangkabau
Syamsuar Dikukuhkan Sebagai Pemegang Malewa Gala Kehormatan Adat Minangkabau

LifeStyle - - Minggu, 17/09/2023 - 23:58:23 WIB

PAINAN,situsriau.com - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan istri, Misnarni Syamsuar dikukuhkan sebagai Pemegang Malewa Gala Kehormatan Adat Minangkabau Dato Seri Setia Amanah oleh Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau Sumbar, Minggu (17/9/23).


Penabalan gelar adat dari sang sako masyarakat Minang tersebut diserahkan di Lubuk Niur, Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.


Ada pun gelar adat yang diterima oleh Gubri Syamsuar adalah Rajo Nan Sati Alam Batuah, sedangkan isterinya Misnarni Syamsuar sebagai Puti Intan Batuah.

Gubri Syamsuar menyampaikan bahwa ia dan istri sangat berbesar hati untuk hadir ke acara ini. Berhimpun bersama petinggi dan pemangku adat Sumatera Barat.


Menurutnya, suatu kebahagiaan dapat bersilaturrahim dalam rangkaian Malewa Gala Kehormatan Adat ini.


Oleh karena itu, mantan Bupati Siak itu sangat mengapresiasi kepada penyelenggara dan pelaksana yang sudah bertungkuslumus mewujudkan majelis ini dengan segala dinamika yang ada.


"Malewa Gala Adat merupakan bagian dari budaya nusantara masih berlangsung sampai kini. Maka jelasnya, ini suatu kesempatan yang patut disyukuri atas keberdayaan dapat memelihara nilai-nilai ke-adat-an yang luhur dan penting," ujarnya.


Syamsuar menambahkan, betapa bergembiranya jika dapat menjaga ikatan persaudaraan yang saling menyokong, seiring sejalan memupuk rasa saling menghormati, dan memberi pemikiran cemerlang menyongsong masa depan gemilang kelestarian khazanah adat dan budaya Indonesia.


Oleh karena itu sebut nya, gelar yang dianugerahkan kepadanya dan istri merupakan suatu kehormatan yang membahagiakan sekaligus sanjungan adat yang disematkan kepadanya dan istri.


Dia menambahkan, sejak diamanahkan menjadi Gubernur Riau hingga sekarang, begitu besar perhatian masyarakat Sumatera Barat yang kemudian diwujudkan dengan sebentuk anugerah gelar kehormatan adat.


"Kami terima gelar ini sebagai amanah sekaligus do’a pengharapan agar kami tetap memiliki kemampuan sebagaimana yang dimaksudkan dari gelar ini," ucapnya.


Terakhir menurut Gubri, disadari bersama bahwa antara Riau dan Sumatera Barat sudah sejak lama memiliki hubungan kerja sama dalam berbagai bidang.


Dia berharap jalinan kerjasama ini dapat berlanjut dengan lebih baik ke masa depan. Di sisi lain, demikian banyak tugas dan tanggung jawab untuk bersama-sama memajukan adat dan kebudayaan sesuai bidang masing-masing.


"Maka, dari prosesi adat pada hari ini dapat menjadi pelecut semangat dan pelatuk picu cita-cita untuk masa depan kebudayaan Riau dan juga Sumatera Barat. Bersama-sama kita menyongsong kesejahteraan dengan terus menjalin silaturahim," tuturnya.


Selanjutnya, Ketua Kerapatan Adat Minangkabau Fauzi Bahar menjelaskan pemberian Gala Kehormatan Adat kepada Gubri Syamsuar dan istri tersebut merupakan rangkaian dari persaudaraan yang lama sudah terjalin antara Riau dan Sumbar.


Maka terangnya, hari ini persaudaraan tersebut di rajut kembali antara Riau dan Sumbar, sebab banyak sekali produk Sumbar yang digunakan di Riau dan sebaliknya juga banyak anak Sumbar yang sekolah di Riau.


"Oleh karena itu, hubungan ini akan kita pererat karena ada persamaan kultural, bahasa, agama, budaya dan malah juga sama-sama mempunyai pepatah Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah," tutupnya. (mcr/ip/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved