Jum'at, 01 Maret 2024  
LifeStyle / Festival Rebana MUI Pekanbaru Tahun 2023, Diikuti 20 Kelompok Digelar di Living World
Ditaja Komisi Pembinaan Seni dan Budaya Islam
Festival Rebana MUI Pekanbaru Tahun 2023, Diikuti 20 Kelompok Digelar di Living World

LifeStyle - - Selasa, 26/09/2023 - 16:43:51 WIB

PEKANBARU,situsriau com- Komisi Pembinaan Seni dan Budaya Islam Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pekanbaru menggelar Festival Rebana Tingkat Kota Pekanbaru Tahun 2023, di atrium utama pusat perbelanjaan living world, mulai 26-28 September 2023.

Agenda yang mengambil tema "Harmoni Nada Islam" dibuka oleh Penjabat Walikota Pekanbaru melalui 
Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan Firmansyah Eka Putra ST MT.

Dalam sambutannya, Pj Walikota mengatakan kegiatan Festival Rebana tersebut selaras dengan program pemerintah dalam pembangunan bidang senin dan budaya daerah, yakni Melayu Pekanbaru. 

"Walau kita akui seni Rebana ini sedikit agak tertinggal dibanding kegiatan seni yang lain, namun berbagai upaya untuk menggali dan meningkatkan Seni Rebana ini terus dilakukan berbagi pihak, termasuk oleh MUI Pekanbaru seperti hari ini," ungkapnya.

Dikatakannya, Rebana sebagai seni melalui irama dan syair, fungsi lain dari Rebana  ini juga bisa dijadikan media dakwah dalam menyampaikan nilai- kebaikan kepada masyarakat luas, ungkapnya.

Seklan dengan Pj Walikota,  Ketua MUI Kota Pekanbaru Profesor Akbarizan juga mengakui kegiatan yang diikuti 20 grup Rebana se-Pekanbaru ini bertujuan mengembangkan seni dan budaya Islam dengan baik di Kota Pekanbaru. "Ini juga bentuk dari dakwah kita, melalui Rebana kita bersyiar menyampaikan pesan-pesan dakwah," ungkap Akbarizan.

Dikatakannya, kegiatan seni Rebana tersebut akan diadakan setiap tahun di lokasi yang nyaman dan sejuk. 'Dengan begitu peserta maupun penonton bisa sekalian membawa anggota keluarga sekaligus jalan jalan sambil cuci mata," ucapnya.

Pantauan situsriau.com, ratusan peserta Festival Rebana MUI Pekanbaru ini tampak memenuhi atrium utama dengan menggunakan seragam masing-masing. Namun, pada hari pertama tersebut, peserta tidak langsung ikut perlombaan, masih pada tahap pengambilan nomor undian dulu.

Ketua Panitia Festival Reban, Abdul Hamid mengatakan perlombaan dimulai Rabu hingga Kamis esok dengan 200 peserta mewakili 20 kelompok rebana yang ada di Pekanbaru. 

Dikatakannya, selain memperebutkan tropi dan uang tunai bagi pemenang, setiap peserta juga akan mendapatkan hadiah dari panitia dan sponsor yakni Living World dan Bank Riau Kepri Syariah. (dis)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved