Kamis, 25 Juli 2024  
Ekeubis / Festival Pangan Lokal di Provinsi Riau Resmi Digelar
Festival Pangan Lokal di Provinsi Riau Resmi Digelar

Ekeubis - - Selasa, 19/09/2023 - 11:10:50 WIB

PEKANBARU,situsriau.com- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar membuka Festival Pangan Lokal atau Lomba Cipta Menu B2SA yang ditaja Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Riau di Halaman Gedung Dharmawanita Provinsi Riau, Selasa (19/9/2023).


Diinformasikan, Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) merupakan aneka ragam bahan pangan, baik sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral yang bila dikonsumsi dalam jumlah seimbang, dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan.


Festival ini diikuti oleh 10 kabupaten/kota se Provinsi Riau dengan menampilkan beragam olahan pangan lokal. Adapun tema yang diambil dalam kegiatan tersebut yakni "Kenyang Tidak Harus Nasi. Sehat Bahagia dengan Pangan Lokal".


Gubernur Syamsuar berharap dapat memantapkan kemandirian pengelolaan dan pelestarian sumber daya alam (SDA) dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah,  misalnya sagu, jagung, singkong, ubi jalar, pisang, sukun, dan lain-lain.


"Bagi masyarakat kami harapkan agar senantiasa melakukan upaya maksimal untuk tetap dapat menjamin kemantapan ketahanan pangan, seperti berkaitan dengan produksi ketersediaan distribusi dan keamanan pangan terutama dalam menyikapi perkembangan terkini tingkat lokal nasional maupun internasional," jelas Gubri.


Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Riau, Syahfalepi menyebut bahwa mengkonsumsi B2SA dengan pemanfaatan pangan lokal sangat penting diterapkan dalam pola hidup sehari-hari.


"Semoga Festival Pangan Lokal atau Lomba Cipta Menu B2SA dapat berjalan lancar dan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menerapkan prinsip B2SA dengan memanfaatka  olahan pangan lokal," pungkas Syahfalepi. (mcr/nv/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved