Selasa, 05 Maret 2024  
Kesehatan / HKN Ke-59, Pemprov Riau Ajak Warga Ikut Berperan Bangun Kesehatan
HKN Ke-59, Pemprov Riau Ajak Warga Ikut Berperan Bangun Kesehatan

Kesehatan - - Senin, 13/11/2023 - 19:12:52 WIB

PEKANBARU,situsriau.com- Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy menjadi pembina upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 di Halaman Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Senin (13/11/2023).


Saat memberikan sambutan, Masrul Kasmy menyampaikan bahwa Indonesia tengah mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah negara.


"Kita, bangsa Indonesia, harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari middle-income trap, menjadi negara berpendapatan tinggi, serta mencapai visi Indonesia Emas 2045," kata Masrul Kasmy.


"Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu. Karenanya, tema Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023, yaitu Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju mutlak dilaksanakan," tambahnya.


Menurut Asisten I Setdaprov Riau itu ada enam pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia yang harus dibangun bersama dengan serius dan terus menerus yakni tentang pilar layanan primer, pilar layanan transformasi rujukan.


Kemudian, pilar layanan transformasi sistem layanan ketahanan kesehatan, pilar layanan transformasi pembiayaan kesehatan, pilar layanan transformasi sumber daya manusia kesehatan, pilar layanan transformasi teknologi kesehatan.


“Pelayanan primer harus memberikan akses layanan kesehatan dasar kepada seluruh masyarakat, dengan mengedepankan layanan promotif dan preventif berdasarkan siklus hidup manusia,” ujarnya.


"Untuk SDM harus dilengkapi dengan puskesmas, puskesmas pembantu (Pustu), laboratorium kesehatan masyarakat (Labkesmas) dan memenuhi hak hak mereka secara adil dan berkelanjutan," tambahnya.


Pada kesempatan itu Masrul Kasmy juga mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar.


“Mari kita bangun bersama tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat, demi Indonesia Emas 2045. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhoi ikhtiar kita dan memberkati kita semua dengan kesehatan dan kesuksesan. Selamat Hari Kesehatan Nasional, Sehat Negeriku, Maju Indonesiaku,” tutupnya. (nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved