Selasa, 12/11/2019  
Otonomi / Luapan Sungai Batang Lubuh Banjiri Jalan Lintas Rohul di Desa Babussalam
Luapan Sungai Batang Lubuh Banjiri Jalan Lintas Rohul di Desa Babussalam

Otonomi - - Kamis, 13/02/2020 - 06:53:26 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com - Dampak hujan deras guyur kawasan hulu Sungai Batang Lubuh sejak dua hari terakhir ini, air sungai meluap dan merendam jalan lintas serta pemukiman masyarakat di Desa Babussalam, Kecamatan Rambah, Rohul.

Di kawasan banjir, air merendam pemukiman penduduk di Dusun Nogori, Simpang Supra, Dusun Darussalam, termasuk jalan poros Jalan Tuanku Tambusai‚Äč, Rabu (12/2/20) siang. Air sungai menutup sejumlah permukiman penduduk, jalan sehingga aktifitas kendaraan yang lalu lalang terganggu.

Sejumlah warga berjaga jaga di kawasan banjir Jalan Tuanku Tambusai, mereka menjaga kendaraan besar yang melintas agar pelan pelan, karena takut air akan membuat gelombang yang menyebabkan rumah warga bisa rubuh.

Informasi hingga pukul 18.00 Wib, ketinggian air sudah mencapai selutut orang dewasa. Kondisi ini menyebabkan sejumlah kendaraan yang melintas menjadi terganggu. 

Ijuf salah seorang warga mengatakan, air meluap akibat luapan dari Sungai Batang Lubuh. Banjir menyulitkan kendaraan roda dua untuk melintas.

"Air banjir terus naik dan mulai menutup permukaan jalan, sehingga menganggu warga," katanya. 

Hambali warga Dusun Nogori juga mengakui, selain desa Babussalam Dusun Tulang Gajah Desa Pematang Berangan juga jadi kawasan terparah direndam banjir. Kawasan itu daerah langganan banjir, termasuk Dusun Harapan Kelurahan Pasir Pangaraian Kecamatan Rambah, daerah rawan banjir.

"Kedua daerah itu kawasan yang pertama banjir, bila air sungai Batang Lubuh meluap. Bahkan di daerah itu juga banjir yang terparah, " sebut Hambali.

Namun sejumlah masyarakat mengatakan, banjir yang terjadi akibat luapan sungai batang Lubuh biasanya hanya terjadi paling lama 4 jam. Namun banjir di akhir 2019 sempat jadi banjir yang besar dan cukup lama, akibat luapan sungai batang Lubuh yang terjadi dan tingginya curah hujan.

"Semoga saja air cepat surut, sehingga warga bisa beraktifitas kembali seperti sedia kala," harap Eman warga Dusun Nogori yang rumahnya juga jadi langganan banjir. (sr5, hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved