Dua heli water boombing jenis Kamov dan MI-17 dikerahkan padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Dumai dan Pulau Rupat, Bengkalis. 

Selasa, 12/11/2019  
Lingkungan / Karhutla Bengkalis dan Dumai Jadi Sasaran Water Boombing
Karhutla Bengkalis dan Dumai Jadi Sasaran Water Boombing

Lingkungan - - Sabtu, 21/03/2020 - 18:36:21 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Dua heli water boombing jenis Kamov dan MI-17 dikerahkan padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Dumai dan Pulau Rupat, Bengkalis. 

Dua daerah ini menjadi fokus pemadaman terutama dari udara, mengingat sebagian luasan Karhutla yang jauh dari akses darat. Selain itu, kehadiran dua heli water boombing itu juga membantu tim darat yang juga terus berjuang melakukan pemadaman.

"Ada dua heli dikerahkan ke Rupat dan Dumai. Kita terus upayakan pemadaman dari udara, mengingat sebagian Karhutla sulit dijangkau dari akses darat," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, Jumat (20/3/20). 

Selain itu, juga dilakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk membuat hujan buatan, khususnya luasan Karhutla yang parah. 

"Penyemaian terus diupayakan jika ada potensi awan hujan khususnya di daerah  utara yang banyak Karhutla," papar Edwar di mediacenterriau.

Selain dua heli tersebut, satu heli patroli juga dikerahkan untuk memantau visual secara langsung titik Karhutla di beberapa daerah di Riau. Namun heli patroli ini juga sewaktu-waktu digunakan kegiatan water boombing, jika dibutuhkan. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved