Jum'at, 24 November 2017  
Nasional / PAN Dukung Yusril Gugat Perppu Ormas ke MK
PAN Dukung Yusril Gugat Perppu Ormas ke MK

Nasional - - Kamis, 27/07/2017 - 11:48:27 WIB

JAKARTA, situsriau.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, mendukung penuh langkah ahli hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra mengajukan gugatan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Zulkifli menilai, langkah hukum yang ditempuh Yusril tersebut menjadi penentu nasib ormas di Indonesia selanjutnya. "Pokoknya kami dukung penuh langkah-langkah hukum yang dilakukan Profesor Yusril. Ini tumpuan harapan kami," ujar Zulkifli dalam acara seminar di kawasan Pancoran, Jakarta, awal pekan kemarin.

Ketua Majelis Permusyawartan Rakyat (MPR) itu mengatakan, langkah hukum yang ditempuh Yusril akan berdampak positif bagi masyarakat Indonesia. Apalagi jika gugatan itu dikabulkan MK, maka akan semakin memudahkan tugasnya di pemerintahan.

"Ini ada dua yang digugat (Perppu Ormas dan UU Pemilu). Kalau dua-duanya menang, sungguh itu akan memudahkan tugas kami," kata eks Menteri Kehutanan tersebut seperti dilansir cnnindonesia.com.

Yusril sebelumnya mengajukan gugatan uji materi Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas ke MK. Mantan Menteri Kehakiman itu mengkritik tindakan pemerintah yang membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tanpa melalui proses peradilan.

Penerbitan Perppu ini dinilai bentuk sewenang-wenang pemerintah untuk membubarkan ormas anti Pancasila. Perppu itu diteken Presiden Joko Widodo dan menjadi dasar pemerintah membubarkan ormas, salah satunya Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Selain itu Yusril juga mengungkapkan keinginannya untuk menggugat UU Pemilu ke MK terkait ambang batas pencalonan presiden. (sr5, in)




Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved