Jum'at, 19 Januari 2018  
Nasional / Tol Padang-Pekanbaru Solusi Kendala Pariwisata
Tol Padang-Pekanbaru Solusi Kendala Pariwisata

Nasional - - Jumat, 12/01/2018 - 13:54:16 WIB

PADANG, situsriau.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit mengatakan pembangunan Tol Padang-Pekanbaru dapat mendukung pariwisata. Pasalnya dapat mempermudah wisatawan mengunjungi sejumlah objek wisata.

"Selama ini wisata kita terganggu oleh transportasi, contohnya saja Jalan Padang-Bukittinggi yang sering macet," katanya, Kamis (11/1/18).

Apalagi, lanjutnya, Sumbar ditetapkan sebagai destinasi halal dunia, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke provinsi itu, namun infrastruktur jalan yang tersedia belum memadai.

Menurutnya tol Padang-Pekanbaru dapat menjadi solusi untuk menekan terjadinya kemacetan di daerah itu sehingga wisatawan nyaman ketika menuju ke sejumlah objek wisata.

Oleh karena itu, ia meminta dukungan dari semua pihak dalam pembangunan Tol Padang-Pekanbaru karena dapat berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Meskipun trase lama tol Padang-Bukittinggi gagal namun kita telah ada penggantinya," katanya.

Ia menjelaskan, gagalnya trase lama tersebut karena adanya tumpang-tindih anggaran dan dikhawatirkan berdampak pada pelanggaran hukum sehingga trase tol harus dicari yang baru.

Terkait wisata halal, ia mengungkapkan pihaknya sedang meninjau seluruh rumah makan di seluruh kabupaten dan kota di provinsi itu guna memastikan kehalalan masakan baik dari segi bahan, cara memasak, maupun menyajikan.

"Memang Sumbar dikenal dengan Minangkabau yang identik dengan Islam, namun kita juga memperhatikan kesehatan makanan tersebut, sehingga tidak saja halal tapi juga sehat," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni mengatakan trase baru tol Padang-Pekanbaru yang melintasi daerahnya telah ditentukan pemerintah setempat bersama dengan perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, PT Hutama Karya, dan konsultan.(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved