Selasa, 12/11/2019  
Nasional / Jalan Rusak Penghubung Sumbar-Riau karena Pergerakan Tanah segera Diperbaiki
Jalan Rusak Penghubung Sumbar-Riau karena Pergerakan Tanah segera Diperbaiki

Nasional - - Jumat, 27/12/2019 - 12:06:53 WIB

LIMAPULUH KOTA, situsriau.com - Jalur Lintas Sumatera yang rusak akibat tanah bergerak di wilayah Koto Alam, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, akan segera diperbaiki.

Namun jika kondisinya semakin parah, jalur tersebut akan ditutup sementara selama perbaikan.

Adapun warga yang berada di sekitar lokasi akan direlokasi. Diketahui, sudah beberapa pekan ini Jalinsum yang menghubungkan Sumatera Barat dan Riau, itu rusak parah akibat pergerakan tanah.

Tidak hanya merusak jalan, rumah-rumah warga yang berada di sekitar lokasi juga rusak parah dan ambles hingga sedalam 4 meter.

Bupati Lima Puluh Kota, Erfendi Arbi, mengatakan, untuk sementara jalur tersebut masih bisa dilalui dengan sistem buka tutup, serta membatasi tonase kendaraan yang akan melintas.

Saat ini jalan yang retak dan nyaris ambles tersebut terus diupayakan untuk perbaikan. Pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, meskipun saat ini terkendala cuaca dan arus lalin yang cukup ramai karena bertepatan dengan libur akhir tahun.

Namun, apabila dari hasil penelitian kondisi tanah di sekitar semakin parah pergerakannya dan membahayakan, maka untuk sementara waktu, jalur lintas tersebut akan ditutup selama perbaikan berlangsung.

Adapun untuk warga Koto Alam yang berada di kawasan tanah bergerak, bila situasi semakin membahayakan, akan segera direlokasi di tempat yang aman. Hingga saat ini warga masih khawatir dengan pergerakan tanah. Hal ini diperparah dengan curah hujan yang masih cukup tinggi.(sr5, in)




Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved