Kamis, 14 November 2019  
Rakor RKP Desa Kepenuhan Timur
Agar Tak Jadi Kasus Hukum, Kades Minta Pemkab Beri Penguatan Ilmu Pengelolaan Keuangan Desa

Advetorial Rokan Hulu - - Jumat, 17/03/2017 - 10:06:27 WIB

KEPENUHAN, situsriau.com-Pemerintah Desa Kepenuhan Timur, Kacamata Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (15/3/17) melakukan rapat koordinasi tentang evaluasi dan validasi pra-penetapan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Kepenuhan Timur tahun 2017.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Kepala Desa Kepenuhan Timur, Al Azhar, Sekdes Kepenuhan Timur, Muhammad Isa, Kaur Pembangunan, Dahlawi, Bendahara Desa Kepenuhan Timur, Jummiati, Ketua BPD Desa Kepenuhan Timur, dan seluruh anggota BPD.

Kades Kepenuhan Timur, Al Azhar kepada awak media, Kamis (16/3/2017) menjelaskan, rapat koordinasi pemerintah desa dengan BPD Desa Kepenuhan Timur ini membahas tentang evaluasi dan validasi pra-penetapan RKP Desa Kepenuhan Timur tahun 2017. Dimana ruas bangunan tersebut didapatkan dari usulan-usulan masyarakat yang telah ditampung bersamaan dengan acara Musrenbangdesa Kepenuhan Timur tahun 2017-2018 yang telah dilaksanakan pada minggu pertama Februari lalu.

"Rapat koordinasi ini dilakukan evaluasi dan validasi pra-penetapan RKP Desa Kepenuhan Timur tahun 2017 agar sesuai dengan undang-undang dan aturan yang berlaku," tutur Azhar.

Azhar berharap kepada pemerintah daerah untuk selalu memberi pembekalan dan penguatan ilmu pengelolaan keuangan ini kepada perangkat desa, supaya pemerintah Desa Kepenuhan Timur tidak menyalah aturan dalam penyusunan administrasi terhadap pelaksana dan pertanggungjawaban anggaran di desa.

"Harapan kami kepada pemerintah daerah untuk selalu memberi perbekalan dan penguatan ilmu pengelolaan keuangan ini kepada Kades, Sekdes, TPK dan BPD, agar ketidakpahaman dalam penyusunan administrasi malah membawa petaka buruk terhadap pelaksana dan pertanggungjawaban anggaran di desa. Agar kekurangan pengetahuan kami tidak dijadikan sebagai kasus hukum," harapnya.

Jika pemerintah saling bergandengan tangan bersama pemerintah desa dalam memberi perbekalan dan penguatan untuk menuju pengelolaan dana desa yang tangguh dan profesional untuk mewujudkan masyarakat perlu waktu dan pembinaan.

"Kalau demikian kami yakin bahwa Rohul akan bisa menjadi yang terbaik dalam pengelolaan anggaran yang begitu besar masuk kedesa saat ini. Kita maju bersama, semoga Rohul lebih baik dari hari kemaren," ungkapnya.

Lebih lanjut, Azhar akan mengajak semua pihak di wilayah kerjanya untuk bersama-sama mensukseskan dan memanfaatkan anggaran serta transparan, akuntabel dan partisipatif suatu saat nanti Desa Kepenuhan Timur ini menjadi desa yang maju dan berkembang serta masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

"Kami akan mengajak semua pihak di desa untuk bersama-sama mensukseskan dan memanfaatkan anggaran yang masuk ke desa dengan transparan, akuntabel dan partisipatif suatu saat nanti desa dan masyarakatnya menjadi maju dan berkembang secara mandiri dan sejahtera," jelas Azhar.

Untuk itu Azhar mengimbau kepada masyarakat agar dapat menghilangkan budaya buruk untuk mencari-cari kesalahan, akan tetapi bagaimana kesalahan yang tidak diawali dengan niat atau kesengajaan diperkecil dan dihilangkan. (*)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved