Selasa, 12 November 2019  
Awal April 2017, 57 JCH Asal Kecamatan Rambah Gelar Manasik Mandiri

Advetorial Rokan Hulu - - Senin, 27/03/2017 - 06:12:51 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau. com - Diperkirakan, pada awal April 2017 sebanyak 57 Jemaah Calon Haji (JGH) asal Kecamatan Rambah, akan gelar manasik haji Mandiri.

Itu disebutkan Kepala Kator Urusan Agama (KUA) Rambah, H. Abdul Rahman Jaelani.M.Sy kemarin. Dimana, pelaksanaan mansik haji Mandiri merupakan manasik haji yang diselenggarakan oleh jamaah di masing –masing kecamatan melalui rembukan dari para JCH yang akan berangkat menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun 2017 ini.

Walaupun demikian kata Abdul Rahman Jaelani, pelaksanaan manasik haji Mandiri juga termasuk wajib digelar sebelum pelaksanaan manasik haji dari Pemerintah atau Kementrian Agama (Kemenag).

“Walaupun biaya dan semuanya ditanggung secara pribadi oleh para JCH, namun manasik haji mandiri ini tetap harus dilakukan. Karena itu merupakan pelatihan ataupun bimbingan dalam melaksakan ibadah nantinya,” terang KUA Rambah.

Dengan dilaksanakannya mansik haji mandiri nantinya, maka diharapkan seluruh JCH asal kecamatan Rambah bisa melaksana ibadah haji dengan benar di tanah Suci, lalu mansik haji mandiri juga akan dibimbing para pembimbing dari Kemenag Rohul,KUA Rambah, serta ulama di Kecamatan Rambah.

Sebut KUA Rambah lagi, selain faktor usia yang membuat jamaah cepat lupa kurangnya wawasan dan pengetahuan juga akan berpengaruh. Sehingga manasik haji atau bimbingan haji sangat penting dilaksanakan para JCH agar pelaksanaan ibadah haji nantinya dapat dilaksanakan sesuai rangkaian pelaksanaannya.

“Dengan semakin sering melaksanakan mansik haji, maka akan semakin bagus. Karena faktor usia ini juga akan membuat mereka cepat lupa, dengan dilakukankan rutin bimbingan maka diharapkan nantinya tidak salah dalam melaksanakan ibadah haji,” harapnya.

Abdul Rahman Jaelani juga mengaskan, awalnya jumlah JCH Rohul tahun 2017 di Kecamatan Rambah 60 jamaah. Tetapi, 3 diantaranya menunda keberangkatan untuk tahun 2017 dengan berbagai alasan, dari segi biaya yang belum cukup maupun anak yang ditinggalkan masih balita. Sehingga membuat tiga JCH Rambah menunda keberangkatanya pada pelaksanaan haji tahun ini.

“Saat ini jumlah JCH Rambah yang akan berangkat, tinggal 57 jamaah lagi,” jelasnya. (sr5, hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved